Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Sehat dan Tulang

bones

Tulang merupakan struktur tubuh yang mengalami proses penyerapan dan pembentukan secara terus menerus dan seimbang pada orang-orang yang sehat. Istilah orang-orang sehat disini dimaksudkan pada mereka yang cukup gizinya, cukup berolahraga, dan pertumbuhannya normal. Sejak masa kanak-kanak hingga remaja, proses pembentukan tulang lebih banyak terjadi dibandingkan proses penyerapan tulang sehingga massa atau kepadatan tulang semakin lama akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika proses penyerapan tulang lebih banyak dibandingkan proses pembentukannya, maka akan terjadi osteoporosis.

 

Puncak pertumbuhan tulang pada wanita maupun pria tercapai pada usia sekitar 30 tahun, kemudian kepadatan tulang mulai berkurang sekitar 0.4 % per tahun. Pada wanita, selama 5-8 tahun pertama pascamenopause terjadi berkurangnya kepadatan tulang sekitar 40-50% dari massa tulangnya, sedangkan pria hanya mengalami kehilangan massa tulang sekitar 20-30% dari massa tulangnya.

Berkurangnya massa atau kepadatan tulang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berperan dalam metabolisme tulang, misalnya faktor keturunan, kurangnya zat-zat makanan seperti kalsium, fosfat, vitamin D, antioksidan, beberapa jenis hormon, dan gaya hidup yang salah seperti kurang bergerak, merokok, minum kopi, alkohol, serta beberapa penyakit yang mempengaruhi metabolisme tulang.

Wanita dewasa yang merokok 12 batang sehari akan mengalami berkurangnya kepadatan tulang 5-10% pada saat menopause dan mempunyai risiko dua kali lebih besar untuk mengalami fraktur. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan metabolisme hormon estrogen pada wanita yang menyebabkan menopause lebih cepat terjadi.

Konsumsi kopi yang mengandung kafein akan menyebabkan banyaknya pengeluaran kalsium melalui air seni sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya fraktur.

Alkohol juga diketahui mempunyai efek langsung pada tulang dan konsumsinya yang melebihi 7 liter per minggu dapat meningkatkan kehilangan massa tulang dan risiko terjadinya fraktur.

Pada wanita perimenopause dan pascamenopause, kurangnya hormon estrogen akan menyebabkan penyerapan kalsium berkurang sehingga kadar kalsium dalam tulang juga berkurang yang akhirnya menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang dan terjadinya fraktur. Selain itu, kekurangan vitamin D juga sering terjadi pada wanita perimenopause dan pascamenopause, khususnya pada wanita yang kurang terpapar dengan sinar matahari yang diperlukan untuk merangsang pembentukan vitamin D pada kulit.

Pencegahan osteoporosis pada wanita pascamenopause dilakukan dengan pemberian makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, antioksidan, olahraga teratur, berhenti merokok, konsumsi kopi dan alkohol.

Pemberian kalsium 1.2 gram/hari disertai dengan asupan vitamin D 800 IU/hari selama sekitar lima tahun diketahui dapat menghambat kehilangan massa tulang secara nyata dan risiko terjadinya fraktur.

Sumber: www.info-sehat.com

3 comments on “Sehat dan Tulang

  1. Fourtynine
    April 2, 2007

    Kena deh. saya kan masih ga bisa ninggalin rokok dan kopi…..O ya, minum susu kalsium membantu ga ya?

    membantu gak membantu, mas. Minum susu kan memang dianjurkan, apalagi susu mengandung kalsium. Eh, tapi jangan percaya sama iklan yang bilang 100% kalsium, berlebihan. Coba liat di indeks gizinya/kandungannya, paling banter 70 %.

    Nah, kalo kalsium masuk terus keluar lagi karna kafein, sama saja toh?! Apalagi buat perempuan. Di artikel di atas ada ditulis, penyerapan kalsium pada wanita dibantu oleh hormon estrogen. Kalo hormonnya habis, karna menopouse maupun menopose yang dipercepat sama kafein, minum kalsium satu ton juga bakal percuma. Diserap juga tidak. Cuma numpang lewat dalam tubuh.

    Intinya, anjuran untuk….. (silakan isi sendiri)
    Terpulang pada pribadi masing-masing lah,mas🙂

    Eh, kepanjangan yah? Nanti mau saya bahas lagi ah! Walau sudah agak basi, hehe🙂

  2. joe billie
    September 7, 2007

    saya ingin bertanya tentang prosese pembentukan tulang
    persendian mekanisme kerja otot apakah anda bisa menjelaskannya pada saya saya seorang siswa sma di tangerang mohon penjelasanya
    ________________________________________________
    Saya kurang berkompeten menjelaskan masalah ini. Tidak terlalu menguasai masalah anatomi nih😦
    Tapi mungkin bisa lihat disini, atau disini
    Mungkin bisa sedikit membantu, maaf kalo tidak memuaskan.

  3. rr
    April 13, 2008

    rrrr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 15, 2007 by in D Healthy.

Navigation

%d bloggers like this: