Antioksidan

antioksidan

Siapa pun pasti ingin memiliki umur panjang plus kesehatan yangselalu prima. Berbagai usaha pun dilakukan sejak muda untuk mencapai hal inio. Sayangnya, banyak juga yang baru menyadari ketika mereka telah atau sedang mengalami proses penuaan (aging), saat perubahan-perubahan baik fisik maupun psikis sedang berlangsung.

Untuk mengurangi risiko menderita berbagai penyakit di usia tua atau menjadi tua dengan kesehatan prima (healthy aging), para ilmuwan telah mengemukakan berbagai teori. Namun yang paling popular saat ini adalah teori radikal bebas, yaitu proses penuaan sebagai akibat kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas.

 Zat Penghambat Proses Penuaan

Radikal bebas sendiri merupakan zat berbahaya yang sangat reaktif dan bersifat merusak jaringan organ-organ tubuh hingga menimbulkan berbagai penyakit di usia tuba. Untuk menetralisir radikal bebas ini, tubuh kita memerlukan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan meredam dampak negatifnya. Dengan antioksidan, kerusakan organ tubuh dan risiko terserang berbagai penyakit di usia tua dapat dicegah. Zat antioksidan dapat disediakan oleh tubuh kita, dan ada pula yang harus diperoleh dari luar tubuh berupa makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Diantaranya adalah: karotenoid, vitamin C, vitamin E, beberapa mineral seperti Zinc, Selenium, Mangan, Cuprum dsb. Namun hasil kerja antioksidan yang optimal diperoleh lewat kerjasama antara unsur-unsur antioksidan tersebut.  

Sumber Nutrisi yang Mengandung Antioksidan
 

Berbagai sumber nutrisi yang mengandung anti-oksidan diantaranya adalah semua biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, hati, tiram, unggas, kerang, ikan, susu dan daging. Vitamin E alami dapat ditemukan pada wheat germ (gandum), minyak sayur, sayuran berdaun hijau, kuning telur dan kacang-kacangan. Sedangkan vitamin C alami dapat ditemukan pada buah sitrus, tomat, melon, kubis, jambu biji, strawberry, dsb. Selain itu beta karoten (pro-vitamin A) yang merupakan antioksidan penting dari karotenoid banyak dijumpai pada buah apricot, wortel, belewah, bit, daun singkong, daun bayam dan ubi merah. Sumber antioksidan terbaik, tentunya yang berasal dari makanan alami. Namun, jika memperoleh antioksidan dari sumber makanan alami sangat terbatas, untuk proses pencegahan tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi suplemen/makanan tambahan.

Sumber : http://www.halalguide.info

Advertisements

About Takodok!

sleep tight, play hard, read carefully.
This entry was posted in D Healthy. Bookmark the permalink.

12 Responses to Antioksidan

  1. inas says:

    pengen tanya neh, klo anti oksidant yang dmiliki buah semacam bengkoang, ketimun, dibanding dengan daun jambu biji bagusan mana z?

  2. Flamming says:

    Dan pastikan kalau yang dikonsumsi yang organik 🙂

  3. Shen Mi Ye says:

    Artikel yang bagus.. kapan2 saya kutip ya om moderator 🙂

    Untuk antioksidan alami yang sudah diestrak, kami punya produk namanya Shen Mi Ye. Shen Mi Ye terbuat dari daun gambir, dengan kadar katechin 80%.

    Bisa dilihat di sini :
    http://shenmiye.wordpress.com/shen-mi-ye/

  4. Setiawan says:

    yg saya tahu Antioksidan dari catechin teh hijau setara dgn 100x Vit C & 25x vit E dgn kandungan max65% kandungan catechinnya. inipun diproses dgn teknologi tinggi setara dgn 97& polyphenol, ttp Sari Uncariae mengandung catechin diatas 80%. jd kandungan antioksidannya lbh kuat dr teh hijau berarti antioksidannya stgt kuat

    Bisa Kunjungi website http://www.toyosmy.co.cc

  5. cipta ade says:

    Menurut penelitian, antioksidan dalam segelas air teh sama dengan 7 buah apel. Untuk sehat secara mandiri biasakan minum teh 4 gelas / hari dan pilih teh yang sudah terbukti dahsyat untuk menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif. Info selengkapnya silakan cek: http://www.tehkesehatan.com Semoga bermanfaat, Salam.

  6. azam says:

    jus manggis shamelin, produk antioksidan terbaik di malaysia.email azam_blaster@yahoo.com

  7. apakah anti oksidan bisa dipake utk mengobati kanker?

  8. hendra says:

    berapa persenkah kebutuhan yang harus di dapatkan untuk tubuh kita stiap harinya?? ntrims atas infonya..

  9. terimakasih atas informasinya pak, sekarang baru tau manfaat anti oksidant..

  10. sangat menarik seklali orang seperti dia…

  11. lucas says:

    Ternyata antioksidan yang tinggi terdapat pada kulit manggis,,,,

  12. nanda says:

    apa benar anti oksidant bisa membunuh sel kanker? mohon pejelasannya, terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s