Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Why Why Oh Why ?

Bertanya,

Kenapa setiap acara yang diadakan selalu sepi pengunjung?

Kenapa kesannya jadi selalu terbirit-birit ?

Kenapa setiap pelatihan jurnalistik pesertanya, paling pol, 9 orang?!

Kenapa walau tau begitu, tetap maju terus pantang mundur?!

Kenapa? Kenapa?

Setahun belakangan, satu per satu pertanyaan ini mulai tumbuh subur di otak dangkal. Untuk pertanyaan terakhir, jawabnya sudah jelas. Semangat perjuangan. Itu modalnya. Dengan modal semangat, walau terkejar-kejar, organisasi ini tetap bisa jalan. Pantang mundur!

Acung jempol! Saya kagum sama jajaran pengurusnya, berani mengangkatkan acara, taraf nasional sodara-sodara, dengan peserta tiga orang! Saya, salah satu panitia tidak bertanggungjawab (gw sendiri! Gak bawa-bawa nama orang lain!) menyatakan salut, juga permohonan maaf karena lari-lari setiap ada rapat.

Sekali lagi mohon maaf. Anggaplah ini pernyataan maaf terbuka dari saya. Hwalah!

Lanjut. Selang satu hari kemudian, tepatnya kemarin, Jumat 23 Maret 2007, saya bercakap-cakap serius (neih!) dengan salah seorang teman. Intinya, timbul lagi pertanyaan-pertanyaan cemerlang dari otak dangkal, plus jawabannya. Hasil analisa sendiri loh?!

Kenapa setiap acara ilmiah di kampus sepi pengunjung? Tanya Kenapa?!

Apa kurang promosi? Gak juga. Banyak kok pamfletnya. Tapi katanya kurang menarik, cuman tulisan plus kotak-kotak doank. Ya iyalah! Kalo banyak gambar itu poster namanya! Bahasa Indonesianya berapa sih dulu?!

Topik ato tema apa sih yang menarik? Idol.

Apa seminar IT itu kurang menarik? Lumayan, lumayan (gak) menarik. @#$%^&!!!

Sampailah akhirnya di perhentian terakhir, halte Pasar Baru. Sampai juga pada kesimpulan sangat subyektif, bahwa mahasiswa disini tidak peduli sama acara yang berlangsung di kampusnya sendiri.

Jangankan acara-acara semacam seminar, wong yang full entertain macam II3, Ada Band, SO7 yang memakai Auditorium saja sepi pengunjung warga sendiri. Malah kebanyakan massa dari luar. Anak SMP, SMA, warga kampus lain bahkan ibu-ibu rumah tangga yang teriak ” ILham! Ilham! Ghea ! Ghea!”

Acara gawean sendiri macam Jamsika atau Green apa itu juga banyakan penontonnya dari luar. Jadi ajang dua-duaan. Benar-benar tempat yang strategis kampusku ini! Strategis buat mojok, ngetrek-ngetrek gak jelas, sampe tempat buang mayat! Astaghfirullah!

Ayo donk, teman-teman! Kemana minatmu? Saya juga gak terlalu sering ikut acara-acara. Jadwal kuliah padat, belum lagi praktikum, apalagi biasanya acaranya berlangsung di hari kerja. Tapi sekali-kali kan bisa?!

Ah, sudahlah. Men-judge orang lain memang tak ada habisnya. Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di sebrang lautan  tampak. Soalnya liat semutnya pake teropong, sedang gajahnya lagi kurang gizi sampe cuman segede kutu!:)

NyaikHH!!

3 comments on “Why Why Oh Why ?

  1. Amd
    March 24, 2007

    Saya juga gak terlalu sering ikut acara-acara. Jadwal kuliah padat, belum lagi praktikum, apalagi biasanya acaranya berlangsung di hari kerja.

    Mungkin juga, kultur perkuliahan di kampusmu memang memaksa mahasiswanya menjadi “individualis”, yang lebih mentingin kuliah, kuliah dan kuliah…
    Saya juga pernah merasakan betapa beratnya bekerja di organisasi mahasiswa, yang kerap dicuekin kalau ngadain acara.
    Dari situ saya merasakan pentingnya membangun sebuah KOMUNITAS, bukan sekedar organisasi di atas kertas belaka.
    Halah, ngomong apaan sih saya ini, jadi ngelantur.

  2. destiutami
    March 25, 2007

    komunitAS ya, om mas?!🙂
    kok malah iklan yah?!
    Komunitasnya yah hanya pengurus-pengurus saja, yang makin lama makin “kenyang” sama seminar, pelatihan, workshop, etc.

    Padahal acara diadain utk bagi-bagi ilmu. Yah, saya ngeluh lagi dah?!:(

  3. Pingback: Selamat Hari Pendidikan Nasional: Hidup Harus Memilih « D Articles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 24, 2007 by in D Private.
%d bloggers like this: