Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

No Commento

Klise! Sebenarnya sudah dari dulu saya mau komentar. Tapi baru terealisasi sekarang hehe🙂

Tapi sebelumnya, sepertinya saya harus “sedikit” bercerita dulu untuk memberi gambaran. Siap-siap ngantuk!

Di jurusan saya, ada satu tradisi Orientasi MaBa, yaitu BBMK (Bina Bakat Minat dan Kreatifitas). Acara ini berlangsung sudah lama, tahun ini kalo tak salah sudah yang ke-23. Orientasi MaBa pasti identik dengan kekerasan dan ajang balas dendam senior ke junior.

Tapi jangan salah, BBMK sendiri lebih mirip pelatihan dibanding ospek. Memang ada stressing, tapi tidak ada kontak fisik (pada BBMK nya, kalo pra BBMK ai dunno lah!). Acara ini lebih banyak materi. Kepemimpinan, Pengenalan Jurusan, Ismafarsi. Belum lagi kunjungan ke BPOM Sumbar (walau pada tahun saya dibatalkan berhubung paginya terjadi kebakaran disana hiks..hiks..) dan NBF, Nusantara Beta Farma, salah satu pabrik farmasi di Sumatra Barat. Itu tuh, yang memproduksi bedak Salicyl. Yang berdomisili di Sumatra Tengah rasanya tau deh produk ini🙂

Ada juga simulasi-simulasi tentang teamwork. Mirip LKMM atau pelatihan sejenis itu. Nah, rangkaian acara MaBa ini berakhir setelah Kemah Bakti Farmasi. Jangan samakan dengan acara-acara kemah ajang perploncoan itu. Kita tidak pakai acara uji nyali, rendam-rendaman di lumpur, merayap. Lebih mirip bakti sosial dilihat dari acaranya. Ada Lomba Balita Sehat, Pemeriksaan Kesehatan plus apotiknya, Sunatan Massal. Gratis.

See? Bermanfaat kan? Pantia KBF ini ya seluruh mahasiswa baru, dengan tujuan melatih mereka sejak awal untuk mengangkatkan acara besar. Waduh! Promosi nih hehe🙂

Tapi, eits! Mulai tahun 2006, segala acara pembinaan/orientasi MaBa diharamkan dilarang! Kalau tetap nekat, pelaku alias panitia pembinaan akan dikenakan sanksi. Ya…itu, skorsing.

Yah, Bapak Rektor…jangan pukul rata dong. Acara kita yang selama ini legal, jadinya tersendat-sendat. Panitia BBMK, teman-teman saya, jadi kelabakan. Mau terus, ancaman skorsing menanti, batal juga tidak mungkin. Akhirnya mereka harus pintar-pintar menyiasati. Berpandai-pandai kalau kata orang sini.

Tetap jalan sih nih acara, walau sedikit acakadul. Jadwal melompat-lompat, atribut peserta disesuaikan, sampai namanya yang berganti jadi Open Recruitmen Himpunan. Hoho! Sama saja atuh! Nyang tidak lulus BBMK pasti tidak bisa jadi anggota himpunan. Konsekuensinya? Nanti deh.

Singkat cerita, dengan segala keriuhannya, rangkaian acara mulai dari pra BBMK, BBMK, dan KBF pun telah berakhir. Tanggal 16-18 Maret 2007 kemarin, KBF telah dilaksanakan di Jorong Bukik Tamasu Kecamatan Belimbing, Batusangkar, Sumatra Barat (eh, hapal euy!). Lokasinya melewati Batipuh, daerah yang lumayan parah dampaknya akibat gempa waktu itu.

Nah, mari. Mari kita masuki bagian commento itu🙂

Selesai acara, merdekalah MaBa. Hore! kelihatan jelas dari segi berpakaian. Yang cowok pada berjins dan berkaos-berkerah ria. Sebelumnya diwajibkan bercelana bahan dan berkemeja (kotak-kotak! Haha!) ria.

Yang cewek, ini dia! Mereka sebelumnya diwajibkan berbusana muslimah (bagi yang muslim,tentu). Ya, pakai jilbab. Waktu itu, ketua himpunan yang dulu pernah bilang,

” Mereka tidak bisa protes, soalnya dari SMA juga sudah wajib pakai (jilbab),”

Memang, di Padang sudah berlaku Perda yang mewajibkan pegawai dan anak sekolah berbusana muslimah. Kita tidak akan membahas perda yang katanya kontroversial untuk orang luar ini. Hei, disini ‘aman-aman’ saja kok! Hidup Pak Gamawan! 

Kita bahas yang terjadi sesudah KBF. Karena sudah tidak terikat kewajiban lagi, gaya busana mereka kembali ke ‘habitat asal’nya. Ada beberapa yang lepas jilbabnya.

OH! Walau sudah menyangka, tapi tetap saja saya terkejut. Reaksi beberapa teman malah lebih aneh. Ada yang melongo, nyumpah-nyumpah, cuma geleng-geleng (saya termasuk). Pokoknya, beberapa hari topik ini jadi bahan rumpian.Apa lagi reaksi teman-teman jurusan lain ya?

Saya mengerti maksud baik panitia. memang, sewaktu masa pembinaan, penampilan mereka tergolong “rapi-rapi”. Tidak berketat ria. Sekarang? Yah, gitu deh. Saya berpikir, peraturan wajib berjilbab semasa pembinaan ini memiliki resiko, baik untuk peserta maupun panitia pembinaan, juga senior bukan panitia.

Untuk peserta :

* Yang awalnya sudah berjilbab sih oke-oke saja. Kecuali yang ketat mania, tidak belum bisa berketat di kampus dulu.

* Yang tidak berjilbab, paling ngumpat-ngumpat dalam hati. “SMA dulu sudah, kok malah sekarang juga sih?! Bukannya anak kuliahan itu ‘bebas’?!” kata siapa?!

Atau, yang asalnya dari luar Sumbar, “Ini apaan sih? Norak banget peraturannya? Suka-suka dong pake baju apa?! Mak aja gak pernah ngelarang?! Lagian, kok main paksa? Buat apa berjilbab tapi kelakuan minus, blablabla…” Stop! Awas kalo bilang Hidayah belum datang! Emangnya film?!

Ya, itu, resikonya. Sakit hati, ngumpat dalam hati, akhirnya dosa deh!

Untuk panitia plus senior :

Lebih kepada saat ini, saat adik-adik itu memperlihatkan keasliannya. Kita ngomel-ngomel sendiri juga tidak sehat. Apalagi sampai ngomongin yang tidak-tidak bahkan menjurus ke fitnah, malah dosa. Biar saja. Itu aslinya mau gimana? Kalo sanggup mendakwahi mereka, ya silakan. Kalo tidak, tutup mulut!

Mereka juga merasa jengah kok, “main lepas” begitu. Ini pertama kalinya peraturan ini diberlakukan. Mungkin perlu ditinjau ulang. Kalau tetap dilanjutkan, para senior harus siap terbiasa melihat adik-adiknya “main lepas”. Pilihannya dua : mendakwahi mereka atau siap terbiasa dan tutup mulut! Jangan omong di belakang saja bisanya. Oke?

3 comments on “No Commento

  1. def
    April 10, 2007

    oh.. Salicyl cuma ada d Padang yah ? makanya sjak d Jawa sy gak make bedak lain.. ga cocok soale..

    farmasi unand ? ato unp ? salam kenal🙂

    Di daerah Sumatra tengah lah kayaknya, kalo gak salah dengar waktu penjelasan dari orang NBFnya. Makanya kalo pulkam bawa persediaan Salicyl Talc banyak2 ya, Uda?🙂

    Saya di Farmasi unand. Salam kenal jugah🙂
    Eh, blognya ada di multiply sajah yah? Ke WP ajah hehe, Promosi!

  2. Hasdi Putra
    August 31, 2007

    salam…
    _______________________________________________
    🙂 trimakasih sudah mampir🙂

  3. Yusra
    February 15, 2008

    pa kabar da hasdi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 31, 2007 by in D Private.
%d bloggers like this: