Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

bibbi.jpg

Judul : Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Penulis : Jostein Gaarder & Klaus Hagerup

Penerbit : Mizan

Buku yang “hebat”!! Mungkin sudah banyak yang pernah membacanya. Bahkan sewaktu iseng nge-google, wah banyak sekali yang sudah me-review buku ini. Salah satunya bisa dilihat disini.

Jostein Gaarder mungkin sudah dikenal lewat Dunia Sophie maupun Gadis Jeruk. Walau belum membaca kedua buku ini tapi saya membayangkan keduanya adalah buku yang juga menarik, bila dilihat dari buku Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken ini. Kolaborasinya dengan Klaus Hagerup menghasilkan buku yang unik.

Buku ini mengkisahkan dua sepupu, Nils Boyum Togersen dan Berit Boyum, yang saling berkirim kabar melalui buku surat. Kisah ini dibumbui kecurigaan pada seorang wanita aneh, Bibbi Bokken, yang kelihatannya mengincar buku surat milik mereka. Belum lagi “komplotan” Bibbi yaitu seorang pria tua Italia, si botak dengan senyum licik alias Smiley, bahkan guru Nils dan istrinya.

Kisah mereka yang fantastis dituangkan ke buku surat itu secara mendetail. Bahasanya menggelitik. Dan, istilah-istilah perpustakaan seperti “Klasifikasi Dewey” (alias Dewey Desimal), katalog, bibliografer, bibliografi, jadi tidak menjemukan. Tidak seperti kuliah Metodologi Penelitian yang membahas Dewey Desimal seakan sedang belajar pengklasifikasian Vetebrata, menjemukan!๐Ÿ˜›

Akhir ceritanya tidak mengecewakan. Tidak ada orang yang terlalu jahat di dalamnya. Hanya fantasi dua orang anak yang kadang terlalu tinggi. Tapi itu justru “memupuk” mereka merangkai 26 huruf menjadi hal-hal, ilmu, peninggalan yang sangat berarti bagi masa yang akan datang.

Belum lagi puisi-puisi singkat di dalamnya. Juga kata-kata seperti, Buku itu tidak hanya terdiri dari kata dan gambar saja. Tapi juga melibatkan apa yang bisa dibayangkan ketika membaca buku tsb” (kurang lebih begitu maksudnya๐Ÿ™‚ )

Wauw! Memang betul-betul buku yang “buku” sekali! Bacaaan yang baik bagi segala usia, apalagi bagi anak-anak, dengan pengandaian mereka sudah bisa memahami kata-kata sukar. Buku ini memperlihatkan secara unik, pentingnya sebuah buku, apalagi kegemaran membaca.

Beri : **** (empat bintang!)

ps. Gambar diambil dari sini.

8 comments on “Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

  1. peyek
    April 21, 2007

    jadi petualangan nih!

    iya, petualangan yang “pintar”! Udah baca bukunya,Pak? Kalo belum baca deh. Asik!๐Ÿ™‚

  2. yOGA
    April 21, 2007

    harga brpaan ya

    hehe, saya minjam bukunya dari temen๐Ÿ˜€
    Tapi menurut info dari sini harganya RP 32.500,-
    Nikmati bukunya, asli asik๐Ÿ™‚

  3. joesatch
    April 23, 2007

    tigadualimanolnol???
    tidaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkk………!!!!!

    murah sekali y?๐Ÿ˜›

  4. xwoman
    April 24, 2007

    jumlah halaman dan tahun terbitnya???๐Ÿ˜€

    emangnya mau bikin resensi…

    Ceritain aja deh De` biar aku ga usah beli hehehe…

    Taun 2006, lupa berapa halaman hehe๐Ÿ™‚

    Huu… yg namanya buku kan lbh asik kalo dibaca sendiri. Ah, si mbak ini๐Ÿ˜€

  5. santribuntet
    April 24, 2007

    mbak des…. aku berharap pada angin tuk memunguti seru cerita bukumu agar seluruh ide buku yang kau baca mengalir dan berbisik padaku, seasik kau membaca;

    tapi sayangnya beribu; hembusan anginku tak bisa kabari rupa bibi bokken tokohmu itu. mestinya memang bukan angin atau daun yang diandalkan untuk becerita tapi rupiah lah yang dapat mengabariku..

    Padahal dari tulisanmu yang indah ini, aku bermmpi seindah pengalamanmu mencerapi tulisan buku yang buku “banget” seperti yang ia ujarkan padaku.

    Bukannya “Angin tak dapat membaca” ?

  6. nayla zahra
    April 25, 2007

    hmm kayaknya minta beli ahh..

    Iya, iya, masuaklah. ‘A warnanyo? ‘A ukurannyo? Caliak lah lu *tampang-pedagang-di-pasa-raya*๐Ÿ˜›
    hehe….

  7. talkwithme
    April 26, 2007

    ayo baca postingan terkahir ku des. kamu punya PR!
    udah baca bridge to terabithia blum..wah bagus tuh des,coba deh.aku aja ampe nan**s haha.baru2 ini difilm-in..tentang 2 kakak beradik+satu temen pendatang yg punya dunia imajinasi.ayo baca.

    Mana resensinya dulu ? Mana? Mana? Mana?
    Lalu, setelah itu…
    Satu kata.
    Pinjaaaaaaaaaaammmmm!!๐Ÿ˜›

  8. Pingback: Travelers' Tale, Belok Kanan : Barcelona ! « D Articles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 21, 2007 by in D Reviews.
%d bloggers like this: