Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Ah, Itu Kan Cuma Alat, Bu!

Note: Tulisan sangat subyektif, ada cercauan, dan opini pribadi tanpa bermaksud menyinggung individu maupun golongan apalagi kamu! Sedapat mungkin tidak mengiklankan produk tertentu, dan ini juga bukan iklan.

~Terinspirasi dari kuliah Fisman2, dan postingan dari sini, sini, dan sini~

Case 1 

Beberapa hari yang lalu saya, yang tumben-tumbennya rajin, mengikuti kuliah Fisman2. Di tengah-tengah kuliah, tiba-tiba ohp yang dipakai mati. Setelah diutak-atik beberapa saat, tidak mau hidup lagi. Jadilah si ibu dosen menyuruh salah seorang teman mengambil ohp yang lain. Sembari menunggu, si ibu tiba-tiba bertanya,

“Mana yang kalian lebih mengerti, kuliah memakai in focus atau ohp?”

Teman-teman dan saya menjawab, “Tergantung, Bu. Kalau penjelasannya tidak bisa dimengerti ya…tetap tidak mengerti.” 

“Lagian, itu kan cuma alat, Bu” lanjut saya dalam hati. Mau pakai in focus atau ohp juga kalo yang menjelaskan gak jelas ya tetap gak jelas *hasyyah!*

Case 2

Beberapa malam lalu, ada sms dari seorang teman. Tidak langsung saya buka, karena sudah keburu tidur. Tapi, sewaktu sudah bangun dan melihat ada sms, langsung saya baca. Ternyata, isinya SAMPAH!!

Itu, sms berantai gak jelas. Sudah saya hapus dan saya tak begitu ingat lagi isinya.  Intinya sms berantai agar mengirimkan kepada 13 orang lain, kalo tidak akan diuber2 oleh si penulis sms yang katanya sudah tewas akibat dibunuh, dimutalasi, dan sedang mencari wajahnya.

Aaaaagghh!!! dfy*&564jkhur655$%&*678!!👿

Tak berapa lama, ada seorang teman lain yang mengirim sms ini juga. Hiaaattttttt!! Graaaaa!!👿

Saya kesal, malam-malam digangguin sms semacam ini. Saya ini penakut! Langsung saya kirim sms balasan ke dua orang ini,

Maksud sms tadi apa, hah?!

Dan harap perhatikan, kalo sudah memakai kata “hah” kepada teman-teman dekat, ada dua kemungkinan. Yang pertama bercanda, yang kedua marah. Dan yang saya maksud di sms adalah, SAYA MARAH!

Tapi marahnya gak lama-lama kok. Begitu baca balasan mereka,

Gak ada apa-apa kok, cuma dongeng pengantar tidur,

dan yang satunya membalas,

Dak tau jg. Aq jg dpt dr teteh, dst(percakapan lain: sensor)

saya gak marah lagi, cuma sedikit kesal. Dan, tetep… jadi rada takut juga. Bangun tengah malam untuk belajar, eh malah dapat sms aneh-aneh begono😦

Saya gak tau itu anak bener2 percaya sms berantai itu atau cuma iseng ngabisin sms gratis, seperti yang dialami om tobil. Kalo punya sms gratis, yang bahkan sampe ratusan, jangan untuk nakutin orang manis kayak saya dong😉 ! Nih, ya, saya kasih alternatif ngabisin bonus anda yang cuma bisa dipakai saat tukang ronda keliaran:

  • sms bangunin orang untuk belajar saat ujian
  • sms penyemangat saat musim ujian, atau teman/sodara anda akan menghadapi hari special, mau sidang kompre misalnya:mrgreen:
  • sms bangunin orang untuk melakukan hal baik, salat Tahajud misalnya
  • sms bangunin orang pagi-pagi buta, bisa berguna pas bulan puasa nanti
  • sms ultah tepat pergantian hari, jam 00.01
  • sms lucu2 atau sekedar say hello ke teman2 yang sudah lama tidak saling berkirim kabar. Walau dia mungkin bacanya baru pas pagi, yah..setidaknya anda sudah berusaha menjalin silaturahmi, walau hanya mengandalkan bonus. Terus terang aja, kalo gak ada pulsa, kere itu nama alias mahasiswa lho! (bagi anda para mahasiswa):mrgreen:
  • dll… (silahkan tambahin kalo ada)

Yang penting, jangan nakut2in ato sms teror. Gak ada manfaatnya, tambah musuh dan bikin orang kesal pada anda.

Huff… *puas ngamuk*:mrgreen:

Opinion

Itulah akibat dari perang iklan dan layanan untuk menjebak menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Gak salah sih, cuma gimana ya? Ada juga orang yang termakan iklan sampai bela-belain sms gak jelas seperti di atas, atau untuk mendapatkan bonus seperti yang pernah saya alami.

Awalnya saya penasaran dengan promo “Pakai 100 sms, gratis 100 sms per bulan” ( Kalimatnya lupa, kurang lebih begitu. Ketebak saya pakai kartu apa kan?:mrgreen: ) Saya coba, walau gak ngoyo. Saya sms teman-teman yang sudah lama tak saya hubungi. Dan ternyata memang iya sih, dapat bonusnya. Enak juga, pikir saya. Toh, saya memang menggunakan sms/ layanan secara biasa, dapat bonus pula.

Cuma ya.. akhir-akhir ini saya jadi mikir. Itu kan cuma bonus. Kenapa saya pakai kartu **? Karena jaringan T-*** disini lebih kuat. Mau pakai provider yang lain juga percuma. Seharian saya di kampus di atas bukit, yang jauhnya minta ampun, sinyal untuk provider lain kurang kuat. Semurah apapun kalo gak bisa digunakan juga percuma. Dan teman-teman saya banyak yang menggunakan kartu yang sama. Makanya saya pilih itu.

Itu alasan saya, alasan teman-teman mungkin beda dengan pilihan berbeda. Sah-sah aja. Itu kan cuma alat untuk berkomunikasi, silahkan pilih yang sesuai bagi anda dan manfaatkan semaksimal mungkin, silahkan. Tapi ya… jangan sampai mengganggu orang lain.

Kata mengganggu disini bisa macam-macam, tergantung apa dan siapa. Relatif. Dan semua pasti punya parameternya, yaitu rasa. Kira-kira apa yang dilakukan sudah mengganggu orang lain atau tidak.

Haiyoh! Saya ngamuk lagi. Kepanjangan nih🙂

Ah, babe. Itu cuma alat. Sama seperti ohp dan in focus. Atau internet, atau susu formula sebagai suplemen bagi balita. Itu cuma alat, alat untuk membantu perkembangan tubuh dan otak, tergantung manusia, mendudukkannya dimana, kebutuhan primer-kah, sekunder-kah.

Ah, guys, saya melantur kemana-mana…

*ngelanjutin ceracau di tempat lain*

~Sesungguhnya manusia makhluk beruntung karena diberi kesempatan untuk memilih, dengan catatan sanggup menanggung konsekuensi dari apa yang ia pilih~

Quote ceracauan by Takodok!

26 comments on “Ah, Itu Kan Cuma Alat, Bu!

  1. Blom baca,, pertamax dulu ya,,

  2. Takodok!
    July 29, 2007

    Oioioi, cepatnya…
    *sambil dorong Ma minggir*🙂

  3. Ohh,, sms ya,, apus aja Desti,, Ma juga ngapusin aja biasanya,, masalahnya ga punya sms gratisan sih,,
    pasca bayar masalahnya,,😛

    masalah susu formula,, setuju!!! sampe skarang juga yang namanya susu itu tempatnya di nomer 5 kok,, penyempurna pula,, masa ibu ibu ditakut takutin anaknya bego gara gara ga beli susu,,
    jaman dulu aja makan air tajin masih bisa pinter kok,,
    *ikutan ngamuk*
    ____________________________________________
    Udah saya apus sih. Langsung malah.

    Iya tuh. Kekuatan promosi segitu besarnya. Nanti kalo sdh jd ibu, mbak Ma jelasin dong ke ibu2 tetangga pas arisan🙂
    Ato, bs dimulai dari sekarang? Yang kasihan, yang gak mampu membeli dan kekurangan informasi ttg alternatif susu yg mahal..
    Kalo ngomongin ini, serasa miris dan mo ngamuk aja ya, mbak Ma?😕

  4. aRuL
    July 29, 2007

    tapi XL paling keren koq…🙂
    ____________________________________________
    Gak tau deh, eh, iya aja deh…🙂

  5. deKing
    July 29, 2007

    itu kan cuma alat,

    Eh jangan anggap sepele yang namanya alat.
    Misalkan kita akan belajar anatomi tubuh KODOK, seandainya tidak ada alat-media visual(berupa KODOK asli, model, gambar, dll) dan yang digunakan hanya alat (media?) secara lisan (dosen ceramah atau rekaman) maka dijamin akan pusing.
    Berarti dalam hal ini alat sangat berpengaruh terhadap penyampaian suatu informasi.
    Ah itu kan cuma kodok…masak takut hehehehe…
    ____________________________________________
    Bener, dan alat itu ada untuk membantu atau memberi kemudahan pd manusia. Yang saya sayangkan itu, ketika manusia jadi tergantung pd satu alat, padahal ada alternatif yg lain. Alat dibikin untuk memudahkan kok jadinya mempersulit dan merugikan orang lain? Berarti faktor manusianya yg hrs dipertanyakan.

    Makanya saya bilang, “Itu kan cuma alat”. Berarti manusianya harus lebih “canggih” dan memahami si Alat agar tercapai tujuan maksimal. Gituh..
    Memang sih, kalimatnya jadi terkesan meremehkan si Alat. Tapi, tanpa manusia alat tak dapat dioperasikan. Tanpa alat yg satu, manusia msh bisa mencari/membuat alternatif lain. Tak ada satu pun alat, maka manusia pun mencipta alat dengan kepandaiannya.

    Kesimpulannya : Jadi manusia itu hebat! Dan kehebatan mengandung resiko besar.

    *ribetz dan ngelantur kemanah2*🙂

  6. deKing
    July 29, 2007

    …ada dua kemungkinan. Yang pertama bercanda, yang kedua marah. Dan yang saya maksud di sms adalah, SAYA MARAH!

    Lha kalau untuk kalimat tertentu kan susah untuk membedakan marah atau bercanda.
    Misal: “Hah. Masak kayak gitu tidak tahu”
    Atau pakai bonus tanda seru itu ya Des?
    Hah?!!!
    ____________________________________________
    Yah..tanda seru, plus tak adanya icon. Berperan jg parameter “rasa” disini *hassyyyahh!*🙂
    Gampang2 sulit ya, memahami orang itu? Apalagi yg dicap moody kyk saya😦

  7. gerry
    July 29, 2007

    hihi kalo gitu ngapain jg dibalas. Gw sih kalo terima sms kaya gitu sebodo amat. Apalagi kalo lagi tidur, lanjut tidur hehe

    btw betul kata yg diatas X* bagus lho skrg di Padang. Lancar pas terakhir gw pake disana hehe
    ____________________________________________
    Saya lg nyolot malem itu, kesel, mo belajar jadi malah takut😦
    Oyah? Sayangnya temen yg pake x* sedikit, makanya tetep setia sama a*:mrgreen:

  8. Mrs. Neo Forty-Nine
    July 29, 2007

    dfy*&564jkhur655$%&*678!!

    itu kata kata apa Mba Desti…?
    sounds strange…

    *garuk garuk jidat*
    ____________________________________________
    Mantra tolak bala!:mrgreen:
    Gak ding, ceracauan gak jelas ajah😉

  9. Mrs. Neo Forty-Nine
    July 29, 2007

    uhm…
    *pencet2 Hape*

    Kirimkan SMS ini ke 50 nomor lainnya, dan kamu akan mendapatkan kiriman pulsa 50 ribu rupiah dari orang orang yang kasiyan sama kamuh. Tapi, jika kamu tidak mengirimkan SMS ini ke 50 nomor lainnya, maka wajah cantik saya akan selalu menghantuimu.Terima kasih

    send to : Desti Takodok
    ===sending mesej===

    sent!

    ahhhh…
    *siyul siyul*
    _____________________________________________
    Weks, buang2 pulsa ajah kamu, chiw. Kita kan beda provider😛

  10. cK
    July 29, 2007

    sms kek gitu mah diemin aja. banyak tuh ada sms yang katanya kalo kirim ke 10 nomor yang providernya sama, bisa dapet pulsa cepek. bokis banget. untung saya nggak pernah forward lagi. buang2 pulsa aja…🙄
    ____________________________________________
    Bener, kayak org di atas ituh *lirik chiw dgn culas*:mrgreen:
    Kalo yg begitu mah, lgsg hapus! Menuh2in inbox ajah😕

  11. sagung
    July 30, 2007

    “….kere itu nama alias mahasiswa lho! (bagi anda para mahasiswa)….”
    Hmmm…. da benernya juga tuh.
    ____________________________________________
    Tuh kan, satu pengakuan lagih😉:mrgreen:
    ____________________________________________

    [arul] ada yang lebih keren lagi koq.
    ____________________________________________
    Hayoh, pada ngiklan!

  12. Luna Moonfang
    July 30, 2007

    makanya pake kartu halo …😆
    ____________________________________________
    Ini iklan jugah! Tapi kartu kita satu pabrik lho, Teh😀

  13. sezsy
    July 30, 2007

    esiaaaa,,,
    (nah lho, ga nyambung khan…)

    emang, semuanya cuman alat pendukung ajah..
    yang utama-nya itu HP-nya..
    punya banyak kartu tapi ga punya HP-nya.. sama aja boong khan?? hehehehe
    _____________________________________________
    Iya😆
    Itu mah koleksi kartu namanya😀

  14. suandana
    July 30, 2007

    Pokoknya, SEMANGAT!!!
    ____________________________________________
    Chayoo! *pak smangat tiba*:mrgreen:

  15. itikkecil
    July 30, 2007

    saran aja Des,
    kalo malem matiin aja hape mu…..
    biasa matiin hape biar gak dikejar fans utang
    ____________________________________________
    Gak biasa mbak, soale sering pake alarm hape..
    Tapi pernah juga sih, waktu lagi berantem sama orang. Eh, malah ibu yg mencak2 krn hape gak aktif sampe siang (lupa ngidupin lagi)..

  16. Mrs. Neo Forty-Nine
    July 30, 2007

    #mba Ira
    malem dimatiin Mba…tapi tetep aja tuh sms laknat masuk pas pagi harinya…😆
    ____________________________________________
    Pengalaman pribadi ngisengin orang nih?😉

  17. antobilang
    July 30, 2007

    om tobil?😕
    ____________________________________________
    :mrgreen:
    Kenafa ? Cep..cep..cep..😆

  18. cakmoki
    July 30, 2007

    Tumben nih lihat Desti ngamuk …😛
    ____________________________________________
    Jelas banget ya, cak? Jadi malu..😳:mrgreen:

  19. talkwithme
    July 31, 2007

    aduh des,hari gini masih pake OHP masi jaman ya.VIEWER dong hahaah🙂
    oh sms dr farah bukan?gilak malem2 bikin horor bae

    lupa ya aku ultha kmaren😦
    ____________________________________________
    Bukan lupa, tapi gak inget😛
    Maap deh… wish d best 4 u ja ya, Vit🙂

    Iya, itu si bibik. Bikin dak enak bae tuh anak..
    Ah, vit, itu kan cuma alat!:mrgreen:

  20. xwoman
    July 31, 2007

    wah harusnya Desti ngasih aku no HP, biar aku bisa gangguin juga tengah malem…:mrgreen:

    entar kirim no HP nya ke YM ya😉
    ____________________________________________
    Weks! Udah langsung niat ngisengin ajah! Nanti deh, tapi jgn disebar yah.. Kan ribet kalo diteror fans😛😆

  21. lorensius
    July 31, 2007

    makanya manusia itu harusnya bisa lebih hebat ketimbang ‘guguk’ yang enggak bisa memilih. I gree on that: semua ada dan kita dipersilakan untuk memilih. Bahkan untuk hidup pun, kita harus memilih dari berbagai jalan hidup yang ada. Makanya, kita enggak bisa terus bilang kalau ‘kodratnya emang sudah begitu kok’, ‘wah.. Tuhan emang udah tentuin begini kok..’ Itu kan bentuk frustasi manusia atas pilihan yang gagal (?) But, good idea and very good article. BRAVO!
    ____________________________________________
    Pilihlah dengan pintar dan bertanggungjawab…
    Thanks🙂
    Thx jg udah mampir🙂

  22. bebek
    July 31, 2007

    blog juga alat… (baca: blogger juga manusia)

    :p :p :p
    ____________________________________________
    He eh, blog alat blogger untuk nge-blog😀

  23. sikabayan
    August 2, 2007

    euh… memang lebih baek pake hape daripada tidak pakai teh… yah… cuma sekedar alat ajah gituh… blug..
    _______________________________________________
    Kalo gak ada hape, kodokemail ajah:mrgreen:

  24. sagung
    August 2, 2007

    Blogger kurang kerjaan berkata :
    “Absen dulu ”
    _______________________________________________
    Nih! Sapu rumah saya! Trus cariin saya jurnal *ngasih kerjaan*😆

  25. grace
    August 2, 2007

    wuahh…kynya lagi bete bener ya gr2 sms ga jelas ituh?
    nyah…..pada kaya pulsa yah bs buang2 sms gt?
    *sensi karna sjk jd mahasiswa mendadak jd kere pulsa*
    _______________________________________________
    Lumayan bete saat itu. Iya ya, coba yg pada kaya itu bagi2 ke yg kere macam kita *ngelantur jauh*:mrgreen:

  26. Akbar Kadabra
    August 4, 2007

    ih, saya benci tuh, ada lagi yang ngirim sms menjelang kelulusan yang isinya gini: kirimkan sms ini ke 10 temanmu yang laen atau kamu gak lulus!
    males amat nanggepin kayak begituan..
    ____________________________________________
    Langsung Delete ajah yg begitu. Lelucon yg bikin sebel😕

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 29, 2007 by in D Commento, D Private.
%d bloggers like this: