Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

You Are What You Read

Sebenarnya saya ingin membuat tulisan panjang-lebar-cerdas-bermanfaat yang sungguh rasanya belum mampu saya lakukan. Bukan bermaksud merendah untuk meninggi, tapi demikianlah adanya. Saya hanya mampu membuat tulisan biasa-biasa saja, karena kemampuan saya juga biasa-biasa saja.

Dengan kemampuan yang biasa-biasa saja inilah saya memulai membangun blog ini. Di tengah perjalanan ternyata saya melakukan tindakan impulsif, berpaling ke lain keranjang, dan lagi lagi lagi sampai saya sendiri kesulitan bersikap adil pada mereka:mrgreen:

Setelah kembali insyaf ke pelukan keranjang pertama, dengan berbagai alasan yang malas diutarakan tentunya, saya memutuskan mengganti tagline blog ini dari The Articles From D menjadi You Are What You Read. Ide ini terlintas begitu saja. Tapi sebagai orang biasa-biasa saja yang suka sok tau, saya ingin memfalsafahkan (bahasa apa ini🙄 ) tagline saya ini. Sok keren lah😈

Mbah Gugel tersayang pun saya kunjungi demi mewujudkan niat saya. Seperti biasa, si Mbah sungguh berbaik hati melontarkan ribuan tautan penuh informasi yang berkaitan dengan tagline tercinta (yup! Saya cinta dia😛 ). Unfortunately, bukannya tercerahkan saya malah bingung bin mumet. Maklum, kapasitas otak yang biasa-biasa saja memang tak seberapa. Soal kapasitas tidak usah dibahas secara mendetail, ilmiah, dan rinci, baik dalam bentuk penyanggahan maupun dukungan. Terima saja pernyataan saya!😈 Akhirnya saya putuskan dengan semena-mena apa arti dari tagline tercinta tsb.

You Are What You Read

Apa yang kamu baca mempengaruhi dirimu. Tentu saja. Lebih jauh, bagi saya pribadi, kenikmatan membaca itu tak tergantikan. Tidak hanya berobjekkan buku, tapi apa saja. Satu peristiwa; tatapan mata seseorang, helaan nafas penumpang sebelah, gemulai tangan penari cilik, amarah dosen saya:mrgreen: bahkan penampakan saldo tabungan yang fluktuatif, semua menarik dan bisa, sangat bisa untuk dijadikan objek (bacaan).

Memang tidak semua orang tertarik untuk membaca, apalagi sampai menghayati objek-objek tak lazim tsb. Sepele memang, dan mungkin hanya segelintir orang kurang kerjaan seperti saya saja yang menggebu-gebu mencoba menilai dari berbagai sisi sebuah peristiwa kecil ; deru mesin angkot yang mememekakkan telinga tadi pagi, misalnya.

Dari segelintir itu, mungkin tidak semua tertarik menuangkan apa yang telah dibacanya melalui tulisan. Sungguh disayangkan, tapi setidaknya mereka bisa mau membaca. Membaca rajutan peristiwa-peristiwa kecil yang berkemungkinan besar membangun sejarah hidup.

Di sisi lain, saya ingin mencoba belajar memperluas minat baca saja ke berbagai bidang yang dulunya kurang saya gemari. Memang apa yang kamu baca akan mempengaruhimu, tapi bukan berarti jika saya ingin jadi orang pintar lagi baik hati bin tidak sombong saya hanya akan mau membaca bacaan yang terlihat pintar, benar, lurus, tidak belok-belok. Picik! Meruginya engkau wahai Kodok Sok Tau! Kesimpulannya?

Baca, nikmati, dan temukan kejutan-kejutan indah di dalamnya* yang akan mempengaruhi hidupmu kalau kau mengijinkan.

Tidak puas? Berlebihan? Sok tau? Gak usah protes! Terima saja!👿

[*] Imbuhan -nya mengacu pada segala hal.

20 comments on “You Are What You Read

  1. itikkecil
    February 26, 2009

    saya teteup sukanya baca chicklit aja Des…

  2. Takodok!
    February 26, 2009

    berarti tante bukan orang kurang kerjaan cem saya:mrgreen:

    saya juga suka ^^ kadang sih, tergantung ceritanya🙂

  3. imoe
    February 26, 2009

    semangat des…membaca membuka mata untuk dunia luar ayoooo

  4. Chic
    February 26, 2009

    ah saya tetep suka baca komik!😆

  5. Takodok!
    February 26, 2009

    @imoe
    Iya bang🙂

    @Chic
    Oh, itu saya jg suka. Banget:mrgreen:

  6. almascatie
    February 26, 2009

    anu…. aku ga berubah jadi buku kan???

  7. deeedeee
    February 27, 2009

    wuuuih, buanyak bener blognya, neng:mrgreen:

    pokoknya keep writinglah, whatever it is, whereever the place to write, and whenever you want 😀

  8. itikkecil
    February 27, 2009

    berarti tante bukan orang kurang kerjaan cem saya

    justru karena gak ada kerjaan makanya saya baca chicklit Des…

  9. Catra?
    February 27, 2009

    kembali ke laptop… hehehe

  10. nie
    February 27, 2009

    baca, nikmati, kejutan. alhasil saya terkejut disini!

    hahaha. nice entry. salam kenal :p

  11. Huang
    February 27, 2009

    Ohw.. *manggut-manggut*

  12. Rian Xavier
    February 28, 2009

    yang penting baca.:mrgreen:

  13. warmorning
    March 1, 2009

    Kenapa harus ada backlink ke saya ? (doh)
    ..dan kenapa tagline kaw ah sudahlah,
    padahal yg selintas biasa itu yg luar biasa, dan yg terlihat sepele itu hal yg gede..
    ente memang keren ! (dance)

  14. Takodok!
    March 2, 2009

    @almascatie
    muka buku?😛

    @deeedeee
    indeed🙂

    @itikkecil
    tapi kadar kurang kerjaannya belum terlalu tinggi tante:mrgreen:

    @Catra
    yah.. begitulah. Tukul wanna be nih?😛

    @nie
    salam kenal juga, mudah-mudahan terkejut yang menyenangkan ya🙂

    @Huang
    *ngeliatin Huang manggut2*

    @Rian Xavier
    dan menikmatinya🙂

    @warmorning
    karena om yang sering menuduh saya begitu:mrgreen:
    aih.. ini muji kan?😀

  15. warmorning
    March 4, 2009

    iya ente tuh, suka gak nyadar diri,
    terlalu merendah itu ndak baek lho😀

  16. Farijs van Java
    March 4, 2009

    kalo menurutku: you are what you eat. hwehe…

    v(^_^)

  17. Takodok!
    March 6, 2009

    @warmorning
    karena kenyataannya emang bgitu om.. ah sudahlah..:mrgreen:

    @Farisj van Java
    seperti slogan Red Beans yang muahal ituh:mrgreen:

  18. rumahpepito
    March 8, 2009

    kalo aku lebih ke you are what you wear .🙂

  19. Takodok!
    March 8, 2009

    then i supposed to learn it from you lah ya cin:mrgreen:

  20. mylitleusagi
    August 2, 2010

    kunjungan perdana..
    salam kenal..(^_^)

Leave a Reply

Information

This entry was posted on February 26, 2009 by in D Plus and tagged .
