Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Merantau

Peringatan dan perhatian:
• Tulisan berikut akan penuh spoiler dan bukan review film. Akan lebih tepat kalau disebut komentar terhadap film Merantau. Jadi, kalau anda berniat menonton film tsb dan/atau tidak suka spoiler, jangan baca tulisan ini sebelum menonton! Setuju ya?😉
• Tulisan berikut murni pendapat usil saya saja, dan mohon maaf kalo ada yang tersinggung nantinya.

Merantau

Merantau

.

Sebelum menonton saya sudah membaca beberapa pendapat teman-teman yang sudah lebih dulu menonton film ini. Rata-rata menyiratkan kekecewaan. Otomatis saya menurunkan ekspektasi dong ya. Beberapa catatan awal yang saya dapat;

Sekeren Ong Bak gak? [Nggak. Lebih keren Ong Bak dari sudut penceritaan.]
Alur cerita membosankan. Seperti sinetron. Lebay. [Rata-rata film sekarang kan begitu. Oke, gpp.]
Action-nya keren. Silatnya mantap, walau ciri khas Silat Harimau-nya tidak kentara seperti yang dimaksudkan. [Gpp, saya juga gak ngerti silat sih ya :D]
Tokoh utamanya ganteng. [Wauw! Itu poin plus! :mrgreen:  ]

.

Okeee. Ternyata semua benar. Saya sependapat. Lah, terus kenapa ditulis lagi kalo idem dengan yang lain? Suka-suka artis dong!😛 Seperti yang saya tulis di atas saya ingin berkomentar, terhadap beberapa adegan dan kelucuan-keluacuan yang terjadi saat pemutaran film tsb.

Sebelumnya, ada yang penasaran dengan jalan cerita? Standar bos! Jagoan dari kampuang, pergi merantau ke Jakarta, ketemu copet, nyelametin cewek, berantem. The End. Udah. Emang begitu aja kok, seriyus lho!😛

Yak, kita langsung ke bagian menyenangkannya ya?:mrgreen:

.

.

Pelepasan si tokoh Yuda yang akan Merantau.
Anuuuu… yang pertama terpikir oleh saya akan lebih tepat jika setting film ini tahun 70-an dulu. Kenapa? Emang masih ada orang yang ka pai marantau dilepas semacam itu? Dengan tujuan yang cuma ingin mengajar silek? Yah, mungkin ada sih.. tapi kurang greget ah.
Landasan awal ceritanya saja sudah kurang nampol, apa yang bisa diharapkan selanjutnya? Oh iya, ini kan cuma film ya? Lagipula perjanjian awal kan kita tidak usah meributkan jalan cerita ya? Okeeeeee… skip lah😛

.

Adegan Yuda pergi dari rumah.
Komentar spontan saya, “Lho, tasnya mana? Kok cuma tas selempang? Ini mau merantau atau malala (jalan-jalan) sih? Oh iya. Mungkin barang-barangnya sudah dikirim via Tiki duluan ya biar gak repot”😛😆 Kembali lagi, soooo 70-an. Ups!

.

Adegan pertemuan dengan tokoh Eric di bus.
Saya kira si Eric ini akan jadi copet lalu berantemlah mereka di atas bus. Ternyata kami sudah suudzon. Maafkan kami, Eric. Habisnyaaa… gak sabar sih liat aksi silek melawan penjahat😛
Oya, ada humor terselip di sini yang mungkin akan terlewat oleh penonton yang tidak mengerti bahasa Minang. Tulisan di bagian bus ” Pamenan Gaek” membuat satu bioskop terpingkal-pingkal. Juga tulisan “Cipitih” di depan bus. Mau tau artinya? gugling sana!😛

.

Dan tiba-tiba saja si tokoh sudah sampai di Jakarta. Auuu… cuma gitu aja? Memang pemandangan ngarai indah, tapi itu saya rasa belum mewakili nuansa Minang. Jadi, kalo ada yang mencari bagaimana aura budaya Minang di film ini, jangan berharap terlalu banyak. Cuma bahasa, itu pun masih terdengar janggal di kuping.

Gak masalah juga soal bahasa, toh yang penting masih bisa dimengerti. Okeeee… tapi saya merasa akan lebih baik jika yang ditonjolkan hal-hal yang umum terjadi di kampuang-kampuang. Bagaimana pengaruh ninik-mamak atas keputusan merantau si tokoh Yuda, hubungan ibu-anak-saudara. Itu saja sudah cukup kompleks lho.

Oh iya, lupa lagi. Gak boleh protes soal jalan cerita ya? Yaaa… gimana dong, gak tahan sih😐 Soalnya film ini kok jadi mirip film mandarin. Serasa nonton Jacky Chan versi Indonesia. Oke lah. Komen soal aspek lain saja ya.

.

Pemeran utama wanita.
Anuuu… bukannya saya benci atau apa. Cantik. Bisa akting. Tapi soooooo sinetron. Pas pertama muncul pikiran saya langsung teriak “Kok dia sih?!”. Imejnya kurang pas sebagai wanita penari striptis. Lebih cocok sebagai remaja kota. Ah, tau apa sih saya soal kecocokan peran ya? Ini kan film yang sutradaranya orang asing! Pasti proses casting-nya pun mantap! Ya tho?😎

.

• Lalu soal pemilihan tempat menginap, kok ya di gorong-gorong sih?! Cem Nobita aja! Cari mesjid kek🙄 Eh iya. Itu termasuk alur cerita ya? Gak boleh protes, gak boleh protes. Maap… *menjura*:mrgreen:

.

.

Nah, sampai di sini sudah ketebak kan se-sinetron apa jalan cerita nantinya? Saya tidak akan berpanjang-panjang (padahal tulisan sudah panjang pun:mrgreen: ), cuma mau bilang siap-siap cemilan yang banyak untuk mengisi waktu luang menanti adegan berantemnya kalau tidak mau berkali-kali menghembuskan napas kesal ketika adegan lebay berlangsung seperti saya kemarin😛

Aduuuhhh… kok mengeluh aja nadanya dari tadi ya? Ya maap, gak tahan bok! So far, saya tetap memberi 3/5 untuk film ini. Kalo cuma disuruh menilai aspek action-nya, 9/10. Asli keren! Saya tidak terlalu menggemari film yang banyak adegan berantemnya, tapi bener deh keren benjet Iko Uwais-nya, ganteng pulak! *gak nyambung ya bodo’* :lol:

Recommended, sebagai penghibur di kala mumet. Selamat menonton!🙂

.

Gambar dicolong dari sini.

21 comments on “Merantau

  1. cK
    August 11, 2009

    wahahahahaha…rancak bana postingan iko. jadi pengen nonton…😆

  2. bearnuts
    August 11, 2009

    eh2… tunggu… sebutan penari striptease kurasa belum tepat soalnya ndak ada adegan nge-strip, cuman muter-muter tiang dengan pakean minim n seksi. lebih cocok disebut pole dance rasanya (meskipun cuman muter2in tiang).

  3. Rian
    August 11, 2009

    CIPITIH .. ck ck ck :eyeroll:

  4. morishige
    August 11, 2009

    udah ada ya di bioskop?:mrgreen:
    dari dulu penasaran pengen nonton nih.
    mumpung yang diangkat cerita dengan background minang.

  5. kunderemp
    August 12, 2009

    Aku mesti nanya kawan minang apa sih artinya Pamenan Gaek dan Cipitih.. hihihihi… Memangnya ada di google?

  6. Takodok!
    August 12, 2009

    ::cK::
    yo sabana rancak mah niang!😆

    ::bearnuts::
    oh gitu ya? Paham bener lo ya, nard?😛
    tapi memang agak setengah-setengah sih kesannya.. ruangan klubnya aja mirip di sinetron-sinetron dubbing-an itu😐

    ::Rian::
    panek mah diak cipitih tu😆

    ::morishige::
    udah, ji.
    nonton deh.
    lumayan kok🙂

    ::kunderemp::
    google kan sakti, pasti ada!😆

  7. jensen99
    August 12, 2009

    Imejnya kurang pas sebagai wanita penari striptis.

    Sisca Jessica terlalu imut ya? Trus maumu siapa Des?😛

  8. Chic
    August 13, 2009

    wahahahahaha adegan tidur di gorong-gorong itu juga bikin saya cekakan sendiri sama si Aftri kemaren.

    oke lah tidur di gorong-gorong, tapi kenapa harus di gorong-gorong yang atas? kenapa ga di bawah? kan ga capek manjat-manjatnyaaaa..😆 😆 😆 😆

  9. kunderemp
    August 13, 2009

    Nyari di Google dapatnya malah pertanyaanku di forum Ajangkita tuh😀

    Kalau soal Gorong-gorong di atas, ada benarnya sih. Alasan yang sama kenapa ada rumah panggung. Tapi sebenarnya tetap saja yang benar itu, si Iko mencari Masjid atau Musholla.

  10. Anakin Blogwalker
    August 13, 2009

    Pamenan Gaek? Cipitih?

    ndak ngerti saya ini…

    btw, pas baca reviewnya di koran saya langsung ingat sama Ong Bak I, filem nyang menurut saya sungguh bagus luwar biyasha😆

    pas nonton pun mulut saya sampe ternganga sangking saya terperanjat dan terpesona…

    oh, ndak minat saya sama filem nyang satu ini… sekarang malah penasaran pengen nonton filem Cin(T)a

  11. Takodok!
    August 14, 2009

    ::jensen99::
    aduh, siapa ya? Adinia Wirasti?:mrgreen: karakter dia lebih kuat. Atau mungkin bintang yang sama sekali baru saja ya? Atau mas jensen ada usul lain?
    Bukan cuma masalah keimutannya aja, tapi kesan gaharnya si tokoh cewek ini cuma sebatas makian tai, anjing yg diputer berulang2😐 Pendapat saya pribadi sih ini🙂

    ::Chic::
    nah itu diaaa.. mungkin maksudnya humor kali ya? Yaa… berhasil juga sih bikin kita ketawa plus riwil😆
    Plus, kok bisa-bisanya dia nyelinap lewat gerbang depan? memangnya proyek bangunan gak dijaga ya?:mrgreen:
    Yaa… balik lagi sih ke kalimat, namanya juga film. Tapi terlalu banyak detail yang aneh bikin gatel pengen komentar jg🙂

    ::kunderemp::
    Lha iya, bukannya udah ada yang menjawab artinya di situ?:mrgreen:
    Cipitih = mencari uang (cari/mancari pitih)
    Pamenan Gaek, saya juga agak kurang yakin artinya, tapi kalo tidak salah artinya kebanggan/ kesayangan orangtua.

    ::Anakin Blogwalker::
    wah, kalo film cin(t)a saya gak yakin akan diputer di sini, cuma bisa menanti dvd-nya, kalau ada..

  12. kunderemp
    August 14, 2009

    Iyah, si Deqz yang jawab.

    Cin(t)a muncul kapan sih? Cuma di Blitz, kan? Lihat trailernya, cukup kontroversi nih.😀

  13. Ayam Cinta
    August 14, 2009

    Dok..dok..dok…kodok… ketemu kodok disini…

    kodoknya ga kena silat kan ya?
    Hehehehe….

  14. Angga Franniko
    August 17, 2009

    jadi penasaran pingin nonton juga ini film…!!🙂

  15. konayuki
    August 17, 2009

    hahaha kok aku jadi males nonton jadinya??
    Om produser,sutradara, n para pemain Merantau maafkan saya yang mengurungkan niat menonton film anda2 gara2 membaca tulisan ini, salahkan saja yang buat tulisan ini.

    *ditendang dari blog ini*

  16. sez
    August 19, 2009

    sama saya.. mendingan mana…
    (penari striptease-nya)

  17. Rivanlee
    August 20, 2009

    bannernya serem , gua takut sama kodok

  18. curipandang.com
    August 21, 2009

    Hai takodok!

    Udah join di curipandang.com belum? Temen-temen blogger yang lain udah mulai share artikel di curipandang.com lho.. portal seru dan asyik untuk diskusi tentang entertainment.

    Kami tunggu kunjungannya ya…

  19. 4z1z4h
    August 23, 2009

    ooog gitu toh!!! Seru mana nih sama film nya UP?
    Keknya filem UP yah??

  20. solarsedayu
    August 27, 2009

    keliatannya menarik untuk ditonton,
    makasih infonya

  21. Takodok!
    August 29, 2009

    ::kunderemp::
    saya nunggu dvd-nya saja kalo itu, atau kalo sempet mampir ke kampus sih alhamdulillah bener:mrgreen:
    dari beberapa resendi temen sih sepertinya menarik

    ::Ayam Cinta::
    halo, yam! Jauh juga nyasarnya ya?😆
    gak lah, siapa juga yang nyilatin😛

    ::Angga Franiko::
    ayo bang cepetan, masih ada kok di Raya🙂

    ::konayuki::
    ya maap, mbak/mas
    kan sudah diperingatkan dari awal😛

    ::sez::
    mendingan Happy Salma deh tan😆

    ::Rivanlee::😆
    serem ya? masa’?
    hati2 deh kalo gitu *lho*

    ::4z1z4h::
    belum nonton Up🙂
    tp genre nya kan beda ya?

    ::solarsedayu::
    sama-sama, mas/om/pak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 11, 2009 by in D Commento and tagged , .
%d bloggers like this: