Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Coraline dan Komik Rada Lucu

Akhir-akhir ini saya kesulitan menamatkan buku yang sedang saya baca *dadah-dadah ke Proses Penulisan Kreatif Jilid 1&2, Maya, setumpuk ebook jarahan*. Entah karena kesibukan *tsaaahh* atau memang daya baca saya saja yang menurun. Tapi saya tak mau putus asa dong. Bosan lihat tulisan mari beralih ke graphic novel dan komik-komik lucu di luar sana. Ada Conan 54, Miiko 21, Komik Peradaban-nya Larry Gonick (yang sebenarnya agak sulit saya pahami juga:mrgreen: ), dan… Coraline!

Coraline adalah salah satu novel Neil Gaiman yang sudah diangkat menjadi film dan diadaptasi menjadi graphic novel. Beberapa bulan lalu saya sudah menonton filmnya, jatuh cinta pada music scoringnya, dan mengincar novelnya. Antara film (termasuk ost-nya) dengan graphic novel ini saling melengkapi. Jadi penasaran dengan novelnya karena rasa yang ditawarkan tiap produk pasti beda. Ada yang punya? Minta doms😆

.

.

Nah, satu lagi yang baru selesai saya baca adalah sebuah Komik Rada Lucu (KRL) berjudul Guru Berdiri Murid Berlari, karya dari Eko S. Bimantara. Komentar saya satu: sinting.😆

Pembuat komiknya sih mengaku karyanya terinspirasi pengalaman pribadi, bermuatan humor satir, dan meminta maaf jika terjadi kesamaan nama, dllsb. Tapi kok saya kesepet ya? Masalahnya ada beberapa adegan yang pernah saya alami. Tertidur di kelas, ngerumpiin guru, kabur dari kelas, err… segitu saja kok:mrgreen: Yah, ternyata saya tidak sendiri. Alhamdulillah.😆

Oya, satu-satunya kekurangan buku ini adalah… saya bingung bagaimana harus menyampulnya..😛

22 comments on “Coraline dan Komik Rada Lucu

  1. ai
    December 8, 2009

    pertamax😀

  2. farahchayank
    December 8, 2009

    pinjeeeem ;))

  3. Billy Koesoemadinata
    December 8, 2009

    er.. tidur di kelas? hmm.. sering

    ngerumpiin guru, wah.. itu sih hampir jadi makanan sehari2

    kabur? kalo ga salah minimal 2 minggu sekali deh, trus nongkrong di warung sekolah😛

    hahah..

  4. morishige
    December 8, 2009

    kalo nggak salah, Eko sang pengarang KRL ini blogger juga lho.😀

  5. Snowie
    December 8, 2009

    Itu, Caroline, yang sama dengan Caroline ada film animasinya ya? Yang matanya di ganti sama mata kancing kah?

    • Takodok!
      December 10, 2009

      CORAline kak, kebalik:mrgreen:
      iya, yang mata kancing itu. Salah satu animasi terbaik sepanjang abad lho🙂

      • Snowie
        December 12, 2009

        Nyahahaha… suka kebalik gitu saya.😛

        AH, benarkah terbaik? Bisa ceritakan alasannya?

        • Takodok!
          December 12, 2009

          saya baca di kompas waktu kak, tapi lupa linknya. Wall E yang pertama kalo gak salah🙂

  6. Farijs van Java
    December 8, 2009

    kalo yang KRL mah ada grupnya di Facebook. emang lucu abis. menggelitik!

  7. Kurotsuchi
    December 9, 2009

    buat yang garapan Gonnick, belinya yang seri Kartun hasil kolaborasi aja nak… murni sebagai artist, jadinya lebih bisa ‘dibaca’. kalo yang versi peradaban punyaku aja ampe sekarang belum kubaca😐

    Coraline yang versi animasi udah punya, malah bikin kecewa karena malah ngerusak versi novem yang menurut penterjemahanku lebih thriller, ibarat nonton film The Twillight Zone itu…😉

    • Takodok!
      December 10, 2009

      yang seri sains itu ya? Kemarin lagi seneng baca yang berkaitan dengan sejarah, ternyata mumet sih😕

      aku liat coraline ini filmnya duluan, mungkin karena targetnya anak kecil juga filmnya “dipermanis”. Graphic novelnya sih serem jeh, apalagi novelnya ya?

  8. Chic
    December 9, 2009

    KRL!!! cari aaaaah:mrgreen:

  9. -goenrock-
    December 10, 2009

    *nyari KRL*

  10. Takodok!
    December 11, 2009

    Eh, eh, yang nyari KRL, di blognya bangaip bisa donlot KRL 3 tuh:mrgreen:

  11. elia|bintang
    December 12, 2009

    bingung gmn nyampulnya? kan emang udah disampul yah.. *mikir*

    jadi itu kyk kumpulan cerpen tapi komik? 😀

  12. Kampret Nyasar
    December 12, 2009

    Wah thanks buat resensnya… cari KRL ah!

  13. Mrs. Nazala
    December 13, 2009

    Aku juga suka film Coraline, gambar & musiknya bagus🙂

    Graphic novelnya sih serem jeh, apalagi novelnya ya?

    Jadi pengen baca deh. Aku baca dr internet kan emang genrenya horor gt kan?
    Jadi pengen beli KRL juga, tapi masih banyak novel yang belum dibaca T__T

  14. Snowie
    December 13, 2009

    saya baca di kompas waktu kak, tapi lupa linknya. Wall E yang pertama kalo gak salah

    Hmmm see…
    Masalahnya, kk gak begitu merasa amazed setelah nonton film nya.😀
    Mungkin hanya masalah selera. I would prefer watch movie which “make me think” like my ex-speaking lecturer said.:mrgreen:

  15. Takodok!
    December 18, 2009

    @elia|bintang
    maksudnya disampul di bukunya pake plastik:mrgreen:

    @Kampret Nyasar
    di tempat bangaip bisa didonlot beberapa karya KRL nya itu🙂

    @Mrs. Nazala
    juga paper kan nak ?😈

    @Snowie
    yang mana? Wall E atau Coraline?
    Soal selera ya tergantung pribadi masing-masing memang🙂

  16. Asop
    January 1, 2010

    Ah, saya udah beli novelnya, tapi msh belom selesi aja…
    Khas Neil Gaiman, bahasanya itu lho yang gimanaaaaa gitu….. Apa penerjemahnya yg ga bisa menyalurkan bahasa Neil ya?

    Btw, emang ada pilemnya ya?

    • Takodok!
      January 3, 2010

      ada filmnya, kartun, dan agak lebih lembut ketimbang novelnya. Gaiman memang khas kelamnya. Sudah baca Neverwhere dan Stardust? Dongeng dewasa yang tidak terllau bahagia🙂

  17. ipied
    August 20, 2010

    suka dengan animasi Coraline, kalo graphic novelnya waktu itu lihat di aksara kemang tapi belum kubeli hehe😀 jadi penasaran juga hehe..

Leave a Reply

Information

This entry was posted on December 8, 2009 by in D Reviews and tagged , , .
