Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Orang-Orang di Titik Penanda

Pernah merasa tertarik pada seraut wajah tak dikenal? Tidak terkait perasaan suka, cinta lawan jenis dan sebangsanya, hanya sekedar tertarik. Mungkin karena keunikan wajahnya, atau kejadian yang melatarbelakangi, atau karena otak ingin merekamnya begitu saja, tanpa alasan apa pun.

Saya pernah, dan bisa memberikan dua contoh. Yang pertama adalah seorang lelaki muda yang berdiri di pinggir jalan, bertahun lalu. Saat itu saya duduk di boncengan motor ayah yang sedang melaju dengan kecepatan rendah. Dari jauh saya sudah memperhatikannya. Rambutnya lurus berbelah tengah khas Jimmy Lin muda:mrgreen: , tingginya sedang, berpakaian biasa, dengan wajah standar manusia (ya iyalaaahh😆 ). Maaf, maksudnya kalau diingat-ingat lagi sekarang, saya sudah lupa bagaimana rupa lelaki tsb. Yang jelas saya menandai di dalam kepala bahwa pada tanggal 21 Mei 2001 saya melihat seorang lelaki muda di pinggir jalan. Apa bedanya dengan lelaki-lelaki muda di pinggir jalan lainnya? Mereka tidak membuat saya memutuskan untuk mengingat tanggal saya bertemu mereka. Itu saja? Iya.

.

.

Ah, lanjut yang kedua. Baru saja terjadi. Sudah saya gembar-gemborkan bahwa saya sedang suka dengan lagu Gita Gutawa berjudul Harmoni Cinta. Silahkan lihat sendiri video klipnya.

Pada satu adegan, tiba-tiba terlintas di pikiran saya bagaimana rupa anak manis ini berpuluh tahun nantinya. Bila kami berdua masih hidup sampai saat itu, berpuluh tahun kemudian, saya merasa akan mengingat saat ini, saat saya berulangkali menonton video klip si anak manis ini dan perasaan campur aduknya. Saya merasa saya bisa memanggil kembali nuansa masa kini di masa depan nantinya, sebagaimana saya masih bisa mengingat dengan jelas nuansa latihan drumband semasa SMA dulu dan kata-kata yang saya lontarkan,

“Walaupun berat, saya nanti pasti akan rindu latihan ini, sekolah ini. Lima, sepuluh tahun lagi saya entah ada dimana… tapi pasti saya akan mengingat stick yang sedang saya pegang.”

Kenapa stick? Entah. Anggap saja stick tsb sebagai penanda yang bisa mendeteksi titik-titik perjalanan hidup (tsaaaaahhhh😆 ).

.

.

Sekarang sudah lewat lima tahun. Saya masih ingat titik penanda tsb. Entah lima tahun ke depan. Blog ini, tulisan ini, bisa jadi titik penanda. Tapi entahlah… saya belum memutuskan untuk menjadikannya penanda atau tidak. Yang pasti selama internet masih ada, umat manusia masih berkeliaran di muka bumi, layanan wordpress masih berlangsung, blog ini belum dihapus, maka tulisan ini, blog ini adalah bukti tertulis bahwa saya pernah hidup dan mengoceh di dunia ini.

Oleh karena itu, saya akan sedikit banyak menyesalkan bila suatu saat blog ini hilang, entah karena faktor eksternal (misaaaallll, konten-kontenan kemarin itu:mrgreen: ) atau pun internal (misaaaallll, iseng mengetes fitur delete😛 ). Alasan yang terlalu pribadi? Ya iya. Ngapain saya ngurusin alasan pribadi orang lain?😛

23 comments on “Orang-Orang di Titik Penanda

  1. sora9n
    February 19, 2010

    Yang jelas saya menandai di dalam kepala bahwa pada tanggal 21 Mei suatu hari di tahun 2001 saya melihat seorang lelaki muda gadis cerdas di pinggir jalan…

    FTFM

    /yea, yea
    //curcol is in the air😆

  2. sora9n
    February 19, 2010

    BTW, ternyata ini pertama kalinya saya ngomen di blog mbak tako. (blush)

    *menghilang* (ninja)

  3. Takodok!
    February 19, 2010

    Kakak So Mas Salah kalau mau ngaku terang-terangan ngefans dengan saya boleh lho😎😆

    Kami tau ada seorang gadis di masa lalu anda. Yang kami tunggu-tunggu adalah kejelasan siapa gerangan dirinya😈
    *dibalang sepeda*

  4. venus
    February 19, 2010

    buset. iseng ngetest fitur delete? hahaha…

    iya, blog juga titik penanda, catatan perjalanan kita pada suatu masa. halaaaaahh…..:D

  5. pandaya
    February 19, 2010

    ada banyak peristiwa yang memang akan selalu terkenang, dan melihat kembali kenangannya itu terkadang menyenangkan🙂

  6. mas stein
    February 19, 2010

    4 nopember 2002, hari pertama saya mburuh di pabrik. *komen gak penting*😆

  7. febriyanto
    February 19, 2010

    tulisanmu agak mengharukan, kenangan indah itu bisa membuat nangis bahagia..😀 *lebay

  8. nana
    February 19, 2010

    harmoni cinta emang bagus mbak..
    apalagi saya suka stylenya gita gutawa..unik.

    eh mbak kodok, darkcloudygirl pindah ke blogspot..yg wordpress udah delet.
    tar tukeran link yaaaaa…

  9. Takodok!
    February 20, 2010

    @venus
    kan namanya juga iseng mbok😳
    halah halah kok pagi2 sih mbok:mrgreen:

    @pandaya
    asal jangan terlarut saja *tsaaahhh*

    @mas stein
    penting mas! Menghitung lama masa kerja untuk naik gaji *eh*😆

    @febriyanto
    cup cup cup, jangan nangis di sini ya😛

    @nana
    waaa.. pindah? Kalo saya kok lebih ribet di blogspot ya?

  10. Kurotsuchi
    February 20, 2010

    teknis perekaman alias scanning wajah buat saya sedikit berbeda, karena wajah2 tertentu saya identifikasi memiliki kemiripan dan atau kesamaan dengan wajah2 orang yang sudah saya kenal sebelumnya, dan enggak ada hubungan apapun dengan patokan waktu dalam oto-biografi kehidupan saya😛

    btw, saya jadi mikir, kira2 sepuluh tahun lagi kita2 ini jadi bagaimana ya des?😛 masih bertemankah? masih saling berkirim kabar kah? masih saling bertukar buku kah?:mrgreen:

    karena yaa seperti yang desti bilang. tak ada jaminan bahwa saya enggak bakal melenyapkan blog saya. dan nggak ada jaminan bahwa saya bakal mengeradikasi akun fasabbikhul saya (indikasinya udah, mulai saya tinggalkan itu akun fasabbikhul saya :P)

  11. Kurotsuchi
    February 20, 2010

    jyaaaa… errata… “dan nggak ada jaminan bahwa saya nggak bakal mengeradikasi akun fasabbikhul saya”

    saya ingin mencoba hidup tanpa dependensi terhadap akun berwarna biru itu😛

  12. Takodok!
    February 20, 2010

    Ini penanda!😆

    Masnya punya numer saya, bisa hubungi via ym atau email. Pun katakanlah semua hubungan terputus, i still have memories bout all of you.
    And there’s Coraline kan? Hehehe

    We’ll never know, mon ami, biar nantikan saja:mrgreen:

  13. warm
    February 21, 2010

    ingatan kau artinya bagus, dok
    dan smoga tetap inget dgn semua penanda yang telah kau tancapkan dalam2 diotakmu

    saya ikut menandai ah:mrgreen:

  14. morishige
    February 21, 2010

    ini, ini keknya sebuah protes terselubung terhadap RPM konten. nice post.:mrgreen:

  15. sez
    February 22, 2010

    eh, ada fitur delete? *coba ahhhh* (ninja)

  16. Chic
    February 22, 2010

    titik penanda ya? beberapa titik penanda saya sudah saya hilangkan dengan sengaja sih, dan belum lagi mencari titik penanda lainnya😆

  17. duadua
    February 23, 2010

    kok bisa inget yang kayak gitu….saya aja kadang-kadang tanggal lahir anak aja lupa :->

  18. deeedeee
    February 23, 2010

    eksistensi kalo pernah mampir di dunia… hehehehhe

  19. tukangobatbersahaja
    February 24, 2010

    Setiap hal adalah penanda untuk masa depan.
    ga harus dengan hal yang menyenangkan… kadang dengan pengalaman pahit.
    14 Februari 2010😦

  20. Ina
    February 27, 2010

    ehm…blog saya berbayar…jadi kalo mendadak ilang. itu pertanda saya blm bayar.😀

  21. Eka Situmorang-Sir
    February 28, 2010

    Blog buat penanda?
    Heemmm.. bisa juga
    tapi bingung.. isi blog gue kumpulan cerpen n puisi gak jelas yg seringkali gak ada kaitannya sama gue.. lbh ke arah yg disekitar gue…
    heeemmm apa ini berarti gue mesti pindah haluan nulis curhatan di blog buat penanda?
    (kemplang hehehe)

  22. Asop
    March 1, 2010

    Satu aja, jangan sampai hilang blog ini!! ^_^

  23. Pingback: Chapter 19 « Constant Motion

Leave a Reply

Information

This entry was posted on February 19, 2010 by in D Commento, D Private and tagged , , , , .
