Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Me Too Products

Me too products secara kasar saya artikan sebagai produk ikut-ikutan. Katakan saja sebuah pabrik obat memproduksi satu obat analgesik dengan nama dagang A, kompetitor akan membuat analgesik dengan nama dagang B. Yang lain memilih nama dagang C, D, E sampai Z-Oye! tergantung strategi masing-masing pabrik. Zat aktif sama, kegunaan sama (atau minimal hampir sama tergantung bahasa pengiklanan saja), tampilan luar beda. Ini bukan masalah orisinalitas atau murni faktor keuntungan semata, bisa jadi ada campur tangan naluri manusia yang selalu ingin bersaing.

.

.

Mari bicara contoh-contoh lain; tayangan televisi seragam, membanjirnya genre buku (ingat demam Laskar Pelangi?๐Ÿ˜› ), handphone dengan model BB wanna be, penjaja makanan satu jenis yang berderet di daerah Ulak Karang (nama tempat di kota ini), dll. Apa semua pelaku hanya berdasar keinginan mencari untung saja? Kompetisi? Kenapa bisa yakin produk mereka lebih unggul daripada yang lain? Silahkan yang punya teori jawab sendiri.

.

.

Sekarang mari bicara social network, akun-akun kalian, saya dan kita, yang bertebaran di internet. Menurut hemat saya, akun-akun tsb juga me too product. Yang lain punya kita juga harus punya dong. Karena apa? Karena untung? Untungnya apa? Untung senang-senang, untung menghabiskan waktu produktif, untung bisnis (kalau benar adanya demikian), untung dapat teman, untung dapat gebetan/pacar, untung dapat musuh juga bisa bagi yang kecanduan konflik๐Ÿ˜›

Lalu, kalau sudah tidak untung lagi mau apa? Tutup dan ganti yang lain? Ah, untung atau tidak hanya tergantung cara pandang, eh.. bukan, maksud saya kalau tidak untung lagi ya sudah cari untung di tempat lain๐Ÿ˜‰

.

.

Di antara me too products memang susah mencari orisinalitas tapi keunikan tetaplah ada. Bahkan obat dengan zat aktif dan kegunaan sama eksipiennya bisa saja berbeda tergantung pabrik pembuat. Itulah sebabnya ada produk yang mengklaim berefek lebih cepat dan minim efek samping. Mungkin faktor teknologi pembuatan, mungkin fator kebetulan๐Ÿ˜› , atau kekuatan promosi semata. Itu juga sebabnya ada yang disebut formula rahasia. Bila dikaitkan ke individu, formula rahasianya ada pada isi kepala individu itu sendiri, mau benar-benar rahasia atau gamblang sehingga kadar uniknya tiada terlihat jelas.

Unique

Jadi tidak usah takut dituduh ikut-ikutan. Kalau salah satu cara sukses melalui ikut-ikutan ya gak masalah dong cong. Tinggal berupaya jadi unik saja, disengaja atau pun tidak. Begichuuuu..

14 comments on “Me Too Products

  1. Asop
    March 2, 2010

    Huuh, bener, acara tipi sekarang banyak banget yg ikut2an…
    Model hape juga ikut2an…. (cina terutama)
    Di mana yg original?๐Ÿ˜€

    • Takodok!
      March 2, 2010

      gpp juga ga original yang penting unggul dan… laku๐Ÿ˜†
      mestinya sih yang pertama kali muncul, tapi kita tak pernah tau kan? *eh*

  2. Mizzy
    March 2, 2010

    bechull ichuuu \m/

    *digaplok*

    eniwei, kalaupun ikut-ikutan nanti lama-lama ekstensinya akan terseleksi oleh kebosanan dan kesuntukan diri sendiri kok:mrgreen:. Misal, soal social networking.. awalnya mungkin me too product, tapi kalau si empunya akun merasa cepat bosan atau alasan lainnya, nanti akan bunuh diri menghilang sendiri๐Ÿ˜›.

  3. TamaGO
    March 2, 2010

    biar barangnya sama, konsumen bisa lebih memilih suatu produk karena banyak faktor, a.l :
    1. Pelayanan, oke barangnya sama tapi penjual yg itu lebih ramah. yg di tempat lain baru liat2 aja udah dipelototin
    2. Kemasan, barangnya sebenarnya sama tapi kemasan yg lebih menarik/bersih/unik bisa menjadi daya tarik tersendiri
    3. harga , di jaman kaya gini kalo barangnya sama tentu saja lebih menguntungkan beli yg harganya lebih murah dong hehe
    4. after sales,kelebihan2 setelah pembelian seperti garansi, jasa pengiriman, etc adalah nilai tambah
    5. letak geografis, maksudnya untuk pembeli2 yg malas (seperti saya) terkadang lebih milih beli di tempat yg lebih deket biarpun lebih mahal dikit

    eh kok jadi kaya nulis buku ekonomi gini๐Ÿ˜„

  4. dnial
    March 2, 2010

    Variasi dan pasar yang bising mendagangkan barang. All Marketers are liars!!!!!

    *ini ngoceh apa sih*

  5. lindaleenk
    March 2, 2010

    bosen sama yg sama mulu..
    *makanyabikinbajusendiri* #halah

  6. Amd
    March 3, 2010

    Jadi ingat seorang kawan yang ogah beli BB karena khawatir nanti dituduh pake hape China N*x**n, soalnya bentuknya sekilas sama sih.๐Ÿ˜†

  7. bearnuts
    March 3, 2010

    kalo untuk jejaring sosial sih, nggak semua orang mbikin akun karna ikut-ikutan. ada yang mbikin akun cuma buat ngapling url atau nickname :))

  8. sora9n
    March 3, 2010

    membanjirnya genre buku (ingat demam Laskar Pelangi?๐Ÿ˜› )

    Saya malah ingatnya Ayat-ayat Cinta. Demam novel religi yang covernya ilustrasi gadis berhijab…

    /ugh๐Ÿ™„

  9. itikkecil
    March 4, 2010

    *oot*
    apa kabar plurk ya?

  10. Marimo-head
    March 5, 2010

    yg atu 1000 mg, yg lain ikut2an 1000 mg, padahal yg dibutuhkan tubuh perharinya gak sampe 100 mg (ngomongin vitamin C) *termasuk gk?*

  11. Kurotsuchi
    March 6, 2010

    akun-akun kalian, saya dan kita, yang bertebaran di internet. Menurut hemat saya, akun-akun tsb juga me too product

    iya juga sih. pas jaman FS, trus plurk, trus fassabbikhul aqyun, formspring, hingga blog, semuanya atas dasar ikut2an sih.๐Ÿ˜

    e tapi keberadaannya ntar bakal terseleksi, koq. seperti kata mbak Mizzy. kalo udah bosan juga ntar jumlahnya berkurang. as for me, gejalanya udah kerasa sih:mrgreen:

  12. reikira
    March 14, 2010

    ^
    setuju

    *maaf cuma sepatah kata*
    *ini bisa dikategorikan ngejunk ya?*
    *gomennasai m_(-_-)_m*

  13. deeedeee
    March 19, 2010

    mungkin mereka mengikuti formula yg disebut ATM. Amati Tiru Modifikasi, barang tiruan yng dimodif sedemikan rupa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 2, 2010 by in D Commento and tagged , , , , .
%d bloggers like this: