Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Maju Terus! Boleh Mundur, Sekali-Sekali…

Around here, however, we don’t look backwards for very long. We keep moving forward, opening up new doors and doing new things, because we’re curious…

And curiosity keeps leading us down new paths. (Walt Disney)

Saya suuuka mengutip kalimat-kalimat motivasi meskipun tidak langsung termotivasi karenanya😛 Saya juga suka menonton film-film, biasanya animasi, yang mengangkat tema “sederhana” dan akrab dengan permasalahan hidup/sehari-hari. Sudah banyak film bagus yang membuat saya berteriak lebay “Ih! Gue benjet!” lalu menangis tersedu-sedu setelahnya. Mau contoh? Ada The Curious Case Of Benjamin Button, The Year My Parents Went On Vacation, Bridge To terabithia, UP, dan Love Phobia.

Lho? Contohnya malah ngaco😆

Oke. Contoh seriusnya; film animasi keluaran Pixar biasanya mempunyai jalan cerita yang aduhai-jleb-jleb, dikemas secara asik dan menarik. Wall E? Toy Story? A Bug’s Life? Cars? Ratatouille? Dan tentu saja, UP. Tidak semua dimonopoli Pixar. Keluaran Dreamworks juga banyak yang keren. Shrek, Madagascar, Shark Tale, daann.. Bee Movies! Tapi tetap lebih nampol Pixar sih😛

Nah, kutipan di atas saya ambil dari Meet The Robinsons. Film lama, tetapi baru saya tonton secara penuh setelah membaca everlasting movies-nya mas kuro.

Beberapa potongan adegan, percakapan, dan lagu di film ini membuat saya, dan mungkin semua penonton merasa tersentil. Biasalah. Tema penyesalan, kekhawatiran tentang masa depan, keluarga seperti tiada habisnya. Goob itu saya; dulu dan sekarang. Lewis adalah versi yang kadang saya lakoni di hadapan teman-teman. Clue:  mempertanyakan keputusan.

Bagaimanapun,

… Our lives are made in these small hours, these little wonders, these twists & turns of fate. Time falls away, but these small hours, these small hours still remain. All of my regret, will wash away somehow. But i can not forget, the way i feel right now… (Little WondersRob Thomas)

.. penyesalan akan selalu berdampingan dengan kenangan. Dan hidup, mau tak mau, melaju ke depan. Sekali-sekali boleh lah melihat ke belakang dengan alasan evaluasi. Mau mundur juga boleh, toh resiko tanggung sendiri. Tapi saya tetap percaya arus kehidupan akan memaksa siapapun untuk bergerak; ke depan, ke depan serong-serong kanan sedikit, miring-miring ke kiri depan, mundur lalu mental ke depan dengan kecepatan tinggi.

Damn! My last line sounds so cheesy. But who cares? Whether you’re cool, or cheesy, you need to be alive. You have to be alive!

.

.

Aaahhh.. inilah sebabnya saya suka film-film cantik nan memotivasi. Setidaknye si tokoh bahagia di akhir film, atau mendapat akhir yang melegakan. Tapi seperti om Rob bilang, “our lives are made in these small hours, these little wonders, these twists & turns of fate. Time falls away, but these small hours, these small hours still remain.”

Dan tentu saja, all of my regret, will wash away somehow. But i can not forget, the way i feel right now…

Selamat melaju teman-teman! Boleh mundur, tapi sekali-sekali saja. Ingat; tepat waktu, tepat dosis! Ting!😉

28 comments on “Maju Terus! Boleh Mundur, Sekali-Sekali…

  1. TamaGO
    April 28, 2010

    Wall-E, UP, my favourite😀

  2. farid
    April 28, 2010

    coba download ah….

  3. christin
    April 28, 2010

    kadang perlu mundur ya.. seperti anak panah yang mundur sesuai dosis untuk kemudian kembali melesat maju😀

  4. rime
    April 28, 2010

    saya belum nonton Meet the Robinson, huhuhu…😦

    anyway, menurut saya, mundur sedkit itu perlu… tapi saya ga tau apa alasannya, hehehe..

    saya jadi inget waktu naik ke puncak Semeru: pada setiap 1 langkah naik, otomatis kita akan turun setengah langkah (karena pasirnya njeblos)

  5. sez
    April 28, 2010

    eerrghh,, semoga saya akan melesaat..😦

  6. Takodok!
    April 28, 2010

    @TamaGO
    saya juga suka saya juga suka :mrgreen:

    @farid
    eh, sudah sering diputer di teve lho rid🙂

    @christin
    analogi yang mantap, dipengaruhi daya pegas kehidupan ya cin?
    *halagh*😆

    @rime
    saya juga baru nonton setelah baca postingan teman🙂
    bisa jadi, karena tanahnya berpasir jadi langkah maju mencakup mundur juga. Jadi mundur, sekaligus maju. Maju juga mundur. Jadi hitung-hitungannya juga menyeluruh, berapa persen maju, berapa persen mundur.:mrgreen:

    @sez
    melesat bagai kilat! Yay!😉

  7. itikkecil
    April 28, 2010

    *lagi mikir-mikir buat mundur satu langkah*

  8. Kurotsuchi
    April 28, 2010

    hohohoh…
    semenjak kali pertama menyimak generate CGI mulai dari ‘Monster Inc’ hingga ‘Cloudy With The Chance of Meatballs’, MTR memang film animasi CGI yang nomer wahid, terutama wise-word-advice-like-quote (yang diawali kalimat ‘we dont live in the past blah blah blah’… saya lupa) di akhir film, yang aslinya pengen saya tulis dalam postingan saya itu, tapi gagal lantaran VCD MTR saya dipinjem temen. pas baca wise-word-advice-like-quote itu saya beneran termovitasi, buat berjuang melangkah maju lagi😀

    • Takodok!
      April 29, 2010

      memang bagus sih filmnya. Pixar jaya! *halah*:mrgreen:

    • Kurotsuchi
      April 29, 2010

      seiring pembelian Studio Pixar oleh Disney, mereka juga udah pernah ngerilis DVD ‘Pixar Short Film Collection’ loh… mulai dari low-grade graphic rendering, shallow modelling… pokoknya awal2 perkembangan animasi yang masih serba bersudut dan ‘kepadatan’ lengkung rendah, DVD ini menggambarkan perkembangan animasi Pixar (dan ya.. kita bisa melihat kualitas animasi Pixar yang semakin lama semakin bagus dalam DVD ini). adapula prototipe ‘UP’. saya cuman punya yang Volume 1 sih. ga tau juga ada berapa volume😐

  9. Chic
    April 29, 2010

    Ting? Ting as the sound from oven or microwave gitu? pertanda makanan sudah siap saji?:mrgreen:

    • Takodok!
      April 29, 2010

      Itu lhooo yang “Inga, Inga, ting!😉 ”

      begichu…

  10. Asop
    April 29, 2010

    Hmmm.. nice quotes!😆
    Ada yang bilang, orang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus mundur dan kapan harus maju.😀
    *contohnya saat memarkir mobil* LMAO

  11. Arm Kai
    April 29, 2010

    Ingat; tepat waktu, tepat dosis! Ting!

    termasuk tepat waktu nyelesein skripsi dan lulus kuliah🙄

    (ninja)

    • Takodok!
      April 29, 2010

      *cincang arman, buang ke pelimbahan*😈😆

  12. nonadita
    April 30, 2010

    Waaah ternyata kita menggemari film2 dari jenis yg sama!
    Saya suka semua film di atas, tpi belum nonton Bee Movies dan Meet the Robinsons.

    All hail PIXAR!!:mrgreen:

  13. reikira
    April 30, 2010

    Sama! Saya juga suka banget film genre simple but touching semacam itu🙂
    Bisa nangis-nangis nontonnya.

    Karena film-film itu bisa membuat saya sadar lagi untuk menghargai hal-hal kecil yang menyenangkan yang dulu selalu saya anggap berharga saat masih kecil. Karena semakin saya dewasa, saya makin sulit dibuat terkesan oleh hal-hal remeh yang sebetulnya berharga. Film-film ini setidaknya memperlambat saya untuk menjadi orang dewasa yang membosankan (no offense lho v^ ^)

  14. greengrinn
    May 3, 2010

    benar-benar. wall-e ya ampun, ceritanya so sweet banget😆 saya juga suka nonton film-film semacam ini! hhe,..

  15. devieriana
    May 5, 2010

    kalau nonton film saya pasti sambil mikir ini pesan moralnya apa ya..😀 . Bukan apa, apa, buat di tulis di blog😆

  16. RyZack
    May 6, 2010

    “Sekali-sekali boleh lah melihat ke belakang dengan alasan evaluasi.” >> Inilah inti dari tulisan ini🙂

  17. Juminten
    May 6, 2010

    aiiihh… aku jg penasaran dgn film ini gara2 postingannya si kuro itu.
    eh, kok sama? aku jg sering merasa dapet pesan yg “ngena” banget justru dr film2 animasi, loh…
    makanya, kalo ada film animasi yg udah beredar di bioskop, biasanya ga aku lewatkan.
    bisa sih minjem DVD, tp kok ya berasa jd kurang greget animasinya?😛

  18. orange float
    May 6, 2010

    hidup terus berjalan, waktu terus bergerak maju. masa lalu hanya bisa dikenang, disimpan dan dijadikan sebagai pengalaman hidup

  19. cefer
    May 7, 2010

    *Setuju dengan TamaGO, Wall-E mantap film nya mantap pesannya..

    “Walau kita tau, kita tidak bisa menjadi yang terbaik, tetaplah berusaha menjadi LEBIH BAIK, karna itulah sosok yang paling baik..”

  20. Sapril
    May 7, 2010

    Saya suka film-film seperti itu. Tapi sayang sekarang hanya bisa nyari di rentalan. Telat lagi, apalagi nunggu yang ORI.😥

  21. Ceritaeka
    May 15, 2010

    pilem kartun emang sarat makna…
    kayaknya lucu tapi ada pesan moral yang kadang membuat saya termehek-mehek (dasar melankolis :p hehehe)

    btw, soal baca buku itu… I’m doin it now.. lbh byk baca buku jd jarang BW.
    Maaf ya baru mampir lagi🙂

    Have a nice weekend🙂

  22. BOOMbasticOniy
    May 25, 2010

    hahaa.. gw paling gampang kebawa suasana nih kalo lagi nonton2 film.
    ya nangis, ya ketawa, ya semangat, tergantung sama filmnya. Hahaa…. Disebut sensitif atau gampang dipengaruhi ya??😀

Leave a Reply

Information

This entry was posted on April 28, 2010 by in D Commento, D Private and tagged , .
