Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Hello Weirdo

Bukan, saya bukan membahas San Diego Comic Con Internasional yang diadakan minggu lalu. Cuma tertarik beberapa gambar yang beredar terkait acara tsb. Salah satunya gambar di atas.

.

I.

Pernah merasa terjebak di kerumunan yang salah? Terasa tidak nyaman ya? Ada yang berusaha untuk kabur ada juga yang tetap bertahan dengan berbagai alasan, salah duanya kebanggaan tampil beda dan keengganan untuk kalah pada keadaan.

Nah, pernah tidak jadi orang aneh yang tidak tampak aneh. Bagaimana caranya? Dengan mengenakan topeng yang separuh mirip orang lain lalu bercampur di kerumunan dan menjalin kontak seadanya. Kamu “normal”  bagi mereka, tapi perang ketidaknyamanan vs keamanan berlangsung hebat di dalam hati dan kepalamu. Aman? Ya, aman dari segala macam komentar maupun pertanyaan lingkungan seandainya keanehanmu terbongkar.

Lalu?

Lalu waktu mengkhianatimu. Perlahan tapi pasti kamu menjadi orang asing di antara mereka. Entah siapa yang memulai, interaksi semakin jarang, satu per satu kolega menjauh. Reaksi normal untuk tidak berurusan dengan si aneh. Alasannya bisa macam-macam; tidak mau ketularan aneh, takut menyinggung si aneh (dengan asumsi tingkat emosi orang aneh gampang terguncang), atau cuma menjaga jarak aman.

Sampai di sini ada dua jalan yang bisa kamu tempuh; bersikap cuek dan tetap berbaur dengan mereka atau menarik diri ke dalam cangkangmu. Kamu yang mana?

.

II –> I

Apa definisi aneh? Berbeda dari orang kebanyakan. Lelucon lawas; orang waras yang berada di kumpulan orang gila lah yang sebenarnya tidak waras. Ini setidaknya jadi alasan mengapa beberapa orang mati-matian memangkas keunikannya agar sesuai standar normal lingkungan. Di saat yang sama keinginan mereka untuk tampil bedar agar mudah dikenali juga menyeruak. Jadilah eksis tapi tidak dicap aneh. Aneh dalam konotasi positif boleh laaah… padahal “unik” sering dipakai untuk memperhalus keheranan orang atas dirimu.

Yang paling baik memang jujur apa adanya. Tapi lebih baik lagi pandai menempatkan jujur pada tempatnya demi keselamatan dirimu. Pakai topeng juga? Iya. Lalu lupakan kalau kamu bertopeng. Tidak tahan? Selamat bergabung wahai orang terkucil! Temukan orang-orang lain yang seaneh dirimu,  sebanyak mungkin, maka otomatis kamu menjadi normal.

… on the journey of life, just find someone as normal as you—if not a whole bunch.


Ah, who am I to judge this better than that ya? Up to you lah boi😉

.
.

Gambar dari [9gag]
Kutipan dari Mary Horowitz, All About Steve.

15 comments on “Hello Weirdo

  1. Kimi
    August 3, 2010

    Jadi ingat buku “Radikal itu Menjual”. Intinya daripada capek2 utk jadi berbeda, apa salahnya menjadi sama dng kebanyakan? Tidak ada salahnya toh menjadi bagian konformitas.😀

  2. TamaGO
    August 3, 2010

    bukan aneh tapi berbeda, unik, special😀
    bukankah semua orang itu unik dan punya karakteristik sendiri2, begitu pula dengan apa yg disukainya jadi gak perlu memaksakan diri menyukai apa yg disukai orang lain atau malah berusaha jadi orang lain. Be yourself aja😀

  3. christin
    August 3, 2010

    aku mencoba belajar untuk memakai topeng seperlunya, dan setelah itu pulang ke ‘rumah’ tempat aku gak harus pakai topeng dan bisa jadi diri sendiri😀

  4. warm
    August 3, 2010

    tulisanmu ini,
    terstruktur sekali

    keren sekaligus bikin saya mumet,
    kok bisa nulis sebagus ini toh, nduk ?🙂

    *mulai merasa tidak waras*
    hihi

  5. restlessangel
    August 3, 2010

    halah, aneh, unik, eksentrik, bla3 itu cuma label. we are bigger than any label. apalagi label yg dibikin oleh sesama manusia.
    yang penting, nyaman-nya aja lah.

  6. lily
    August 4, 2010

    weirdo????
    yahoo??
    lardo??
    anorak???
    who you really are?

  7. Kurology
    August 7, 2010

    hohoho… like this…

    dan bila dengan menghilangkan identitas diri sendiri, menyamar dan berpura-pura menjadi orang lain baru kita mendapat prediket “normal”, maukah dikau melakukannya…?

    • mauritia
      August 9, 2010

      takodok, saya suka post ini.

      dan mas kuro, saya suka komen mas kuro!

      karena kadang lebih gampang berpura-pura normal demi melindungi ketidaknormalan.

      tapi kalo lagi kumat, dan ingin bersikap natural. yawda, ngga perlu maksain nge-blend dulu sampai terasa “normal” lagi..

  8. poetra
    August 8, 2010

    Saya, bagian yang tidak akan mencoba bertahan di kerumunan yang salah tadi, atau jika pun saya bertahan karena satu dan lain hal, maka saya akan diam dan menjadi pengamat.

    *manggut-manggut mengamati pembicaraan ini sambil mendengarkan Creep-nya Radiohead :D*

  9. ridu
    August 9, 2010

    wah saya sering nih kaya gini, tapi gak bisa bertahan lama sih..

  10. nonadita
    August 9, 2010

    sesekali jadi orang “aneh” dan beda itu perlu lho utk bisa terlihat orang. tp untuk jangka panjang memang lebih baik bersikap & act sebagaimana adanya kita aja:mrgreen:

  11. Juminten
    August 13, 2010

    efek dari bergaul adalah mempengaruhi atau dipengaruhi.
    kalau mempengaruhi cuma seberapa kuat karakter kita dibanding yg lain.
    nah, kalo dipengaruhi… selama kita suka dan nyaman pd pengaruhnya, maka kita akan merasa cocok di sana.
    masalahnya kalau pengaruh itu tidak cocok.
    aku sih biasanya lebih memilih utk menyingkir dan mencari orang2 yg mau menerimaku.😉
    memaksakan diri utk bisa diterima dlm sesuatu lingkungan yg ga cocok cuma bikin kita ga bisa menikmati hidup.

  12. suci
    August 16, 2010

    mo jujur, mo pake topeng, gak perduli, yang penting cari aman dulu. Urusan selanjutnya gimana, gak usah dipikirin. Yang penting aman dulu untuk saat ini. Kalo selanjutnya dikucilkan, tenang aja, bakal ada komunitas baru yang bakal terima kita kok. entah dengan cara apa.

  13. Asop
    August 24, 2010

    Ehem… *batuk*

    Teman2 SMA bilang, saya ini aneh…😆
    Aneh gimana? Mereka gak bisa mendefinisikannya.:mrgreen:

    *saya suka banget gambar comic con-nya. :lol:*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 3, 2010 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: