Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Masa Bodo

Hampir setiap perjalanan pulang, biasanya menjelang maghrib, angkot yang saya tumpangi mampir di pom bensin. Jeda waktu singkat ini saya gunakan untuk memperhatikan penumpang lain. Ada yang cuma menatap kosong ke arah luar, asik mengobrol, tidur, atau malah adu nyali. Eh, adu nyali?

Bisa ditebak yang mana kan? Menggunakan telepon genggam. Saya sendiri masih rancu apakah sms/mobile internet juga masuk kategori dilarang, tapi di rambunya sendiri jelas tertera larangan menggunakan telepon genggam. Apapun kegiatan yang dilakukan menggunakan telepon genggam itu jelas-jelas terlarang.

Tapi… siapa sih yang mau perduli pada peraturan “sepele” ini? Kali terakhir angkot yang saya tumpangi mampir ke pom bensin serentak empat penumpang mengeluarkan telepon genggamnya. Tak berapa lama, salah satunya malah menjawab panggilan telepon. Tidak lama sih, “cuma sekian detik”. Saya? Kok tidak menegur langsung? Oh, saya memang pengecut yang cuma berani nyeletuk, “Asik juga nih mati meledak.”

Memang saya belum pernah mendengar ada kejadian SPBU meledak gara-gara konsumennya pamer handphone canggih menggunakan telepon genggam di kota ini. Atau saya yang kurang pergaulan? Entah. Yang jelas mulai saat ini saya berikrar menghindari waktu pulang yang berbarengan dengan jam biologis angkot isi bensin. Lebih baik mampir-mampir ke mana dulu. Tak kuat jantung saya melihat sikap masa bodo menjurus adu nyali yang kerap terlihat di pom bensin. Sudah saya sebutkan belum kalau sopir angkot jarang mematikan mesinnya saat isi bensin?

Kenapa tidak ditegur langsung? Oh, saya kan pengecut. Masa bodo amat. Itu kan hidup dan nyawa mereka sendiri. Ya kan?😉

.

ps. Butuh penjelasan kenapa dilarang menggunakan telepon genggam di SPBU? Kenalan dulu dengan mister Google gih. Dahdah byebye.

12 comments on “Masa Bodo

  1. evillya
    March 3, 2011

    mungkin masyarakat butuh sesuatu yang bisa memacu adrenalin. salah satunya ya adu nyali secara murah dan meriah :))

  2. grace
    March 3, 2011

    Saya juga kadang suka gemes kalo liat orang orang cuek aja nelpon, sms an, fesbukan atau kegiatan hape lainnya saat di spbu. Serem aja bayanginnya kalo sampe beneran kenapa kenapa. Tapi ya saya juga belum berani komentar atau negur langsung sih, payah nih saya :p tapi bener deh, harus ada awareness campaign dulu apa ya baru mereka ngeh?

  3. itikkecil
    March 3, 2011

    saya seringkali naik transmusi dan mereka isi gas di SPBG. kalau di transmusi, pramugaranya biasanya kasih tahu meskipun berbeda-beda kebijakannya. ada yang meminta kita mematikan hp. ada juga yang hanya meminta agar tidak menggunakan hp selama berada di SPBG. meskipun ada juga yang bandel, tapi langsung diingatkan oleh pramugaranya.

  4. rukia
    March 3, 2011

    HAH… Ngisi bensin dalam keadaan mesin hidup??? Itu apa ga ditegur sama petugas SPBUnya?

  5. Chic
    March 4, 2011

    di google ada kok beberapa contoh kasus handphone yang meledak di pom bensin🙂

  6. Farijs van Java
    March 4, 2011

    Perasaan serupa juga menjangkitiku kala menunggangi bus atau mobil yang sedang isi bensin.😀

    Pernah suatu ketika aku dan beberapa orang kantor berombongan pergi ke kantor pusat. Sewaktu isi bensin, ada kawan nyeletuk: “Eh, ada gambar kamera dicoret.”

    Seorang bos yang ikut dalam rombongan malah mengeluarkan kamera DSLR-nya untuk kemudan memotret gambar kamera dicoret tersebut. Waduhaduh…

  7. TamaGO
    March 4, 2011

    bukan nyawa mereka sendiri, kan ada orang2 lain juga di angkot itu (termasuk jeng kodok sendiri)

  8. yoriyuliandra
    March 6, 2011

    Di dunia ini dan di belahan bumi mana saja, peraturan itu harus dikawal, dan kita sebagai orang-orang yang sadar peraturan adalah bagian dari pengawalan tersebut.

    Usul konkrit: sebaiknya orang seperti itu tetap ditegur dengan baik. All you need is a little bravery, no matter man or woman…

  9. lukisanlangit
    March 7, 2011

    iya, padahal ini menyangkut keselamatan orang di sekitar juga😦

  10. Ms. Plaida
    March 10, 2011

    eh saya juga ngga tau persis loh kenapa handphone dilarang di pom bensin.
    waktu itu sih temen saya pernah cerita, dia nerima sms waktu lagi ngisi bensin motornya. yang kejadian, si mesin pengisiannya ke reset dan jadi eror gitu.

    serem banget kalo ternyata bisa ampe meledak..

  11. Asop
    March 11, 2011

    Tapi lucu juga lho Mbak, ada berita gini, “penumpang se-angkot tewas terbakar akibat ledakan tangki bahan bakar yang meledak. Diduga, penyebab kebarakan adalah kelalaian penumpang.”😀

  12. kumakora
    March 25, 2011

    saya juga gemes kl liat orang udh nyalain hp di pesawat habis landing, padahal kan udh jelas diumumin baru boleh nyalain pas udah di ruang tunggu bandara >.<

Leave a Reply

Information

This entry was posted on March 3, 2011 by in D Commento and tagged .
