Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

[Film] Taare Zameen Par

(… because) Every child is special adalah tema utama film yang bercerita tentang Ishaan (Darsheel Safary), seorang anak yang dikenal bandel, bodoh dan suka mencari masalah oleh para guru dan tetangganya. Pada dasarnya ia adalah anak yang ceria dan memiliki imajinasi tinggi sehingga suka berlaku aneh yang ujungnya merugikan dirinya sendiri. Ishaan berasal dari keluarga kelas menengah beranggotakan ayah yang keras, ibu yang penyayang dan kakak teladan, Yoshan. Akumulasi keluhan tetangga, nilai jeblok di sekolah, dan tingkah “nakal” Ishaan menyebabkan sang ayah memutuskan mengirim Ishaan ke sekolah asrama.

Awalnya Ishaan merasa sangat terpukul karena merasa dibuang dari keluarganya. Kehidupan asrama dianggapnya sebagai bentuk hukuman. Ditambah perlakuan yang ia terima dari para guru masih sama saja dengan sekolah sebelumnya. Ia pun jadi anak yang murung dan menarik diri, hanya berteman dengan Rajan sang bintang kelas yang memiliki kelainan fisik pada kakinya. Kedatangan guru seni pengganti, Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan), lah yang sedikit demi sedikit berhasil mengurai permasalahan sebenarnya yang terjadi pada Ishaan.

Sulit untuk tidak terharu sekaligus jatuh hati pada rangkaian adegan dan permainan warna di film ini. Seperti melambangkan imajinasi Ishaan, campuran warna ceria bertebaran sepanjang film dan menularkan emosi positif kepada penonton. Dua hal yang memanjakan mata ini sudah cukup membuat saya mengabaikan durasi yang terasa panjaaaaangggg sekali (namanya juga film India!).

Satu-satunya yang terasa sangat janggal adalah adegan Ram “menasehati” orangtua Ishaan. Tipikal India sekali; tokoh pahlawan menghajar (baca: mempermalukan) tokoh antagonis. Karakter ayah Ihsan yang dibangun dengan sangat baik di awal film (sebagai ayah yang keras, disiplin, menuntut yang terbaik dari anak-anaknya sebagaimana ia juga selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka) lama-kelamaan seakan tidak berarti lagi. Memang fokus utama film ini adalah anak-anak, dan tergarap baik sekali mendekati sempurna. Tapi rasanya sayang sekali tokoh orangtua, apalagi tokoh kakak, berakhir seperti tempelan belaka.

Selain 3 Idiots, tampaknya Aamir Khan makin gencar terlibat dalam film-film dengan tema berbeda dari film India umumnya. Taare Zameen Par yang juga jadi debut penyutradaraan Aamir disebut-sebut sebagai film India pertama yang dibeli hak edarnya oleh perusahaan internasional, Walt Disney Company Home Entertainment, dan jadi film yang mewakili India di ajang Academy Awards Best Foreign Film pada tahun 2009. Film ini juga film Bollywood pertama yang menggunakan claymation sebagai pembuka film, yang sesuai sekali dengan tema anak yang diusungnya. Wah, sifat perfeksionis Aamir berakibat baik juga rupanya ya (walau entah apa yang dirasakan para krunya).

Eh, kok malah ngegosip😆

Kalau anda tahan dengan durasi 3 jam, silahkan tonton film ini. Sangat saya rekomendasikan pada anda yang suka anak-anak, sering terlibat dengan anak-anak dan pernah jadi anak-anak. Ambil hikmah dari filmnya lalu (kalau bisa) terapkan.

.

Do you know the story about Solomon Islands?
On Solomon Islands, when the natives want a part of the forest for cultivation they don’t cut the trees. They simply gather around the tree and shout abused at it, curse it. In a matter of days, the tree withers and shrivels. It dies on its own.

.

Apa kamu tau cerita tentang Pulau Solomon?
Di Pulau Solomon, ketika para penduduk asli ingin membuka lahan mereka tidak menebang pohon-pohonnya. Mereka malah berkumpul di sekeliling pohon lalu berteriak dengan marah, menyumpahinya. Dalam beberapa hari pohon itu akan layu dan meranggas. Ia mati dengan sendirinya.

.

.

Catatan:

13 comments on “[Film] Taare Zameen Par

  1. Farijs van Java
    June 17, 2011

    Wuih, mantap nih sepertinya. Disleksia, ya? Sepertinya seru untuk ditonton beramai-ramai dengan adik-adik.😀

    Lagi baca The Historian juga? Bagus? Punya bukunya, beli waktu diskon-diskonan murah banget, tapi belum sekali pun dibuka. Hwehe.😀

  2. Farijs van Java
    June 17, 2011

    Oh iya. Bukannya film ini dulu baru 3 Idiots, yak?😀

  3. Asop
    June 17, 2011

    Eh iya, itu yang main di 3 idiots ya?😀
    Duh, saya gak hafal namanya…😳

  4. Takodok!
    June 18, 2011

    @ Farijs van Java
    cocok untuk ditonton satu keluarga.
    The Historian baru sampe halaman 327. Awalnya bosan, trus mulai menarik, tapi tetap saja ga bisa cepat bacanya. Saya ga terlalu paham sejarah, apalagi turki-eropa jadi semua detail yang dipaparkan cuma bikin melongo😐 Saya juga beli waktu diskonan, 30 ribu saja hehehe

    Dan iya, bener film ini duluan. Makasih koreksinya mas Farijs😀

    @ Asop
    hehe sekarang kan udah tau. Saya emang lumayan suka film Bollywood dan suka nyari siapa nama bintangnya😀 Ayo Asop kapan bikin resensi lagi? Sibuk yes?

  5. Nona Shinra
    June 19, 2011

    Si Ishaan terdengar mirip adikku, jadi pingin nonton. Dapet film India gitu di mana ya? Aku jarang nemu lho😕

  6. Akiko
    June 19, 2011

    is it available on the rental video nearby Des? *kedip-kedip*

  7. Takodok!
    June 19, 2011

    @ Nona Shonra
    Siapa se? Ghifa?
    Aku biasanya nyari di rental. Tapi yang ini dapet filenya dari temen serumah😀

    @ Akiko
    Ga tau juga kak. Mau copy filenya? Hayuk ke mari:mrgreen:

    • Nona Shinra
      June 20, 2011

      Eri, Mbak😀 Cuma sepertinya Eri nggak akan dikirim ke sekolah asrama sih. Ah, jadi beneran pingin nonton, apalagi kata Ms.Plaida ini dapat banyak penghargaan. Sayangnya ini koneksi kurang memadai kalau buat donlod film😐

  8. Wah , child ya😦
    ada yg bisa bantuin saya nemuin child saya ?
    😦

  9. Ms. Plaida
    June 20, 2011

    Bisaan aja nemunya. Saya juga jarang2 nemu film India..
    Googling sebentar gegara penasaran, film ini langganan penghargaan ternyata.
    Kebetulan ada di ditus andalan sebelah. Yuk ah cyin, kita donlot dulu~

  10. Takodok!
    June 23, 2011

    @ Nona Shinra
    hoo.. Eri ya? Gara-gara film ini saya jadi ragu juga dengan rencana mempengaruhi bocah masuk sekolah asrama. Anak-anak sampai usia tertentu memang sebaiknya bersama orangtuanya. Mungkin sih..
    Selamat berburu kalo gitu. Saranku, kenapa ga nyewa di rental aja?😀

    @ Ms. Plaida
    Selamat donlot!:mrgreen:
    Saya lumayan suka film India dan kebetulan punya temen yang juga suka India. Kadang nodong dia kadang ya nyari sendiri. Seneng pas dapet film ini soalnya sudah lumayan lama nyari dan udah ada beberapa yang ngerekomendasiin di plurk😀

  11. syahrana
    July 2, 2011

    Halooo, salam kenal..
    Hanya ingin bilang, saya juga sangat suka ni pelem dan ingin meninggalkan jejak di blog ini (biar seneng getoh si empunya blog_kata seorang blogger ia amat menderita jika postingannya tidak dikomentari, heheh..jadi saya berusaha membuat blogger bahagia. Uuhh, sok baik ya…. : P). Ya nontonnya sangat telat seh, tapi nggak apalah daripada nggak sama sekali. Overall saya sangat suka, walau ada yang kurang menurut saya karena pak Ram agak sering nangis getoh, karena menurut saya harusnya beliau tegar. Pan dianya guru yang memotivasi Ishaan, lah kok nangis terus_atau berkaca-kaca gitu matanya. Dan saya suka tokoh Yohan, walau emang cuman sekilas info_hahaha, berita kalee. Kakak yang sangat pandai tapi nggak sombong and begaya’, bahkan sangat sayang pada adiknya, dipanggil “Champ” lagi…Kakak idaman daah si Yohan. Hidup Yohan, Yeeii!!
    Aktingnya Ishaan juga keurent banget, apalagi waktu dia ditinggal di asrama ama ortunya dan waktu dia nangis di kamar mandi. Maaaaaaaaaaaakkkk, sesek dadaku ngeliat anak kecil nangis sesenggukkan gitu…Sakiiiitt! Ishaan AI LOP YU..

  12. Lissa vitri
    March 12, 2014

    Saya baru tahu film ini tdi malam,dari dosen saya..
    haduhh ktingglan bgt deh,pdhal stlah saya searching flm ini udh dirilis tgun 2007 lho..

    ckck…tp saya bruntung bisa liat film ini walau agak ktingglan jaman..
    filmnya inspiring bgt,buat saya setiap orang itu spesial,setiap orang itu unik dan setiap orang itu pintar dlm bidangnya masing-masing…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 17, 2011 by in D Commento, D Reviews and tagged , , .
%d bloggers like this: