Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Routines

We all have our routines. But they must have a purpose and provide an outcome that we can see and take some comfort from, or else they have no use at all. Without that, they are like the endless pacings of a caged animal. If they are not madness itself, then they are a prelude to it.

Every morning I make certain that my ax is clean and keen. I look to my house and check that its windows and doors remain secure. I tend to my land, disposing of weeds and ensuring that the soil is watered. I walk through the forest, clearing those paths that need to be kept open. Where trees have been damaged, I do my best to repair what has been harmed. These are my routines, and I enjoy doing them well.

Rules and routines are good, but they must give you satisfaction. Can you truly say you gain that from touching and counting something?

Find routines that allow you to feel secure when they are done. You told me that you have a new brother; look to him each morning. look to your father, and your stepmother. Tend to the flowers in the garden, or in the pots upon the windowsill. Seek others who are weaker than you are, and try to give them comfort where you can. Let these be your routines, and the rules that govern your life.

-the Woodsman to David. Taken from The Book Of lost Things page 94-

.

Ilustrasi:

David adalah seorang bocah yang baru saja kehilangan ibunya. Sewaktu sang ibu masih terbaring sakit, David mengembangkan beberapa kebiasaan “aneh” dan taat mematuhinya.ย David biasa menyentuhkan kaki kirinya ke lantai terlebih dahulu baru diikuti kaki kanan saat turun dari tempat tidur di pagi hari. Ia menghitung sampai dua puluh saat menyikat gigi, lalu berhenti sebentar saat hitungannya lengkap. Bila kepalanya terantuk sesuatu ia akan mengantukkan kembali kepalanya untuk menjadikannya hitungan genap. David tidak suka angka ganjil terutama angka 3 karena 3 sangat berhubungan dengan 13 dan itu adalah angka sial. Melalui kebiasaan-kebiasaan tsb ia seakan ikut bertanggungjawab terhadap kesehatan ibunya. Bila sekali saja ia melanggar, David percaya sesuatu yang buruk akan terjadi pada ibunya. Pada akhirnya kebiasaan-kebiasaan tsb tidak cukup kuat untuk mempertahankan keluarga yang paling disayanginya. Ibunya tetap meninggal, ayahnya menikah lagi dengan Rose dan ia punya adik tiri; Georgie.

.

Apa kalian punya kebiasaan aneh yang entah kenapa selalu kalian lakukan? Apakah menurut kalian kebiasaan-kebiasaan tsb berguna? Kalau tidak, kenapa masih terus saja kalian lakukan?

Saya? Saya banyak melakukan banyak hal tidak berguna. Seperti kata Woodsman; my routines are like the endless pacings of a caged animal. If they are not madness itself, then they are a prelude to it.

Ya, saya dan kebiasaan-kebiasaan saya memang sinting. Itu, atau Woodsman cuma bicara omongkosong. Saya percaya yang terakhir. Hey, orang sinting boleh percaya apa saja kan?๐Ÿ˜‰

10 comments on “Routines

  1. Nona Shinra
    June 20, 2011

    Aku punya banyak rutinitas dan kebiasaan yang cukup aneh sebenernya. Aku agak mirip si David itu, kalau salah satu bagian tubuhku (misal bagian kiri) terantuk, aku pasti mengantukkan bagian satunya biar genap. Dan meskipun suka malas bersih-bersih, aku benci kalau ada benda di kamarku yang bergeser, misalnya keset kaki harus tetap simetris. Akhirnya setiap hari pasti ada rutinitas semacam ngecek posisi toples, figura, dan lain-lain tetap ada di posisinya. Entah kebiasaan macam ini berguna atau nggak, tapi aku merasa terganggu kalau ngga melakukan itu. Jadi mungkin itu alasanku tetep melanjutkan kebiasaan ini -___-‘

    *komen panjang lebar semi curhat*

  2. TamaGO
    June 21, 2011

    kebiasaan aneh? langsung pasang headset selama menghadapi komputer (walaupun ga dengerin musik ato apapun). Tapi kayanya ada gunanya deh, bisa pura2 ga denger klo ada telp ato dipanggil, bisa dengerin gosip karena ga aware ada telinga yg lagi aktif, atau paling tidak bikin kuping tetep anget๐Ÿ˜

  3. Farijs van Java
    June 21, 2011

    Dulu aku punya kebiasaan aneh yang mirip sama kebiasaan anehnya David, yaitu menggenapkan sesuatu hitungan. Pergi ke sekolah (SD) dengan berjalan kaki, pasti kuhitung langkahku. Dan tiba di depan kelas harus dengan langkah genap. Pokoknya harus genap.

    Kemudian kalau minum, satu gelas harus dihabiskan dengan tegukan yang berjumlah genap. Pokoknya harus genap.

    Sekarang kalau mengingat-ingat itu, lucu aja rasanya.๐Ÿ˜€

  4. Kimi
    June 21, 2011

    Kebiasaan aneh? Kalau ditanya seperti itu aku bingung menjawabnya. Karena yaaah ingatanku tidak detil. Tidak gampang dan rinci mengingat kebiasaan-kebiasaan anehku apa saja. Mungkin juga tidak terlalu memperhatikan jadinya ya gak tau. Tapi, bukan berarti tidak ada. Ehm… Apa ya? *mengingat2*

  5. Asop
    June 21, 2011

    Kebiasaan ya…
    Gak ada kebiasaan yang rutin saya lakukan..๐Ÿ˜•
    Paling hanya terbiasa sikat gigi sebelum tidur. Gak bisa tidur kalo belum sikatan.:mrgreen: *putih, ‘kan?*๐Ÿ˜†
    …oh! Ada sih, kalo masuk kamar mandi saya harus pake kaki kiri, dan keluarnya pake kaki kanan.๐Ÿ˜€

  6. dnial
    June 21, 2011

    Kebanyakan kebiasaan itu bertujuan untuk menciptakan pola dari kekacauan dunia. Beberapa pitcher baseball punya kebiasaan menghentakan ujung kaki 2 kali sebelum melempar bola, atau gw yang punya kebiasaan ngecek pintu 2 kali dan ngecek perlengkapan.

    Atau kebiasaan lama yg belum luntur adalah pakai jaket. Sepertinya kalo g pakai jaket ada yang salah. Tapi skrg bisa dikurangi.

    Dari semua chaos di dunia, kita bisa kembali ke satu sudut yang bisa kita kontrol, kebiasaan kita.

  7. opathebat
    June 21, 2011

    apa ya? aku kalo mau tidur, kakinya musti ngenain yang licin-licin ato nggak yang alus alus. ato nggak kakiku musti lembab dikit, kalo kering, nggak bisa tidur.

  8. itikkecil
    June 21, 2011

    kebiasaan aneh? entah aneh atau tidak, tapi yang jelas setiap pagi saya harus membaca koran kompas terlebih dahulu, kadang-kadang di toilet. kalau tidak, rasanya ada yang kurang dan saya agak males-malesan buat beraktivitas

  9. evillya
    June 22, 2011

    baru mau komentar kaya pernah baca di The Book of The Lost Things, ternyata emang beneran dari situ #krik

    kebiasaanku? terlalu banyak sampai bingung mau milih yang mana๐Ÿ˜€

    hemm… salah satunya adalah… saya suka menggenapkannya jadi 3x bila melakukan sesuatu 2x. dan sama seperti nona shinra, walau malas bersih-bersih, simetris atau berada di posisinya dan terlihat rapi itu wajib dan saya bisa sampai ga bisa tidur kalau masih ada buku atau isi tas berserakan di atas meja -_-“

  10. Takodok!
    June 23, 2011

    Terimakasih ya teman-teman sudah berbagi kebiasaan-kebiasaan aneh, terlepas itu bener aneh atau tidak:mrgreen: Sekarang saya merasa tidak sendiri lagi dalam keanehan ini.
    *terharu*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 20, 2011 by in D Plus, D Private and tagged , , .
%d bloggers like this: