Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

[TV Show] The Voice

Sudah lama saya ingin mengupas tuntas membahas acara musik teranyar di amrik sono, The Voice. Pertama kali tau dari twitternya salah satu juri yang gantengnya minta ampun, Adam Levine. Garis besar pertunjukan yang mulai disiarkan April lalu ini bisa anda baca di situsnya atau di sini.

Yang menarik saya adalah sistem Blind Audition yang digunakan. Keempat juri (Blake Shelton, Christina Aguilera, Cee Lo Green, Adam Levine) yang duduk di kursi berputar hanya mendengarkan nyanyian peserta tanpa melihat bagaimana penampilan mereka. Bila mereka suka, tekan tombol dan kursi akan berputar baru mereka bisa melihat bagaimana rupa si peserta. Ini pertanda bahwa si juri menginginkan peserta tsb masuk ke timnya. Jika ada 2 atau lebih juri yang menekan tombol (baca: I Want You), maka si peserta yang memilih mau masuk ke tim siapa.

Di sinilah letak lucunya. Tak jarang ada juri yang menjual dirinya habis-habisan (Adam!) demi mendapatkan peserta yang diinginkan. Ada juga sih yang tidak terpilih. Tapi jurinya tidak ke-simon-simon-an, sok bermulut jahat. Komentar yang mereka lontarkan (sampai saat ini, menjelang final) selalu baik dan membangun.

Momen ketika mereka pertama kali melihat bagaimana rupa peserta juga kocak. Ekspresi terkejut, “kecewa” (si Blake tuh pas liat Tyler), bahkan penyesalan (Cee Lo sangat menyesal tidak menekan tombol untuk si cantik Sonia Rao, begitu pula dengan Adam & Blake saat kesempatan kedua) mereka.. priceless!

Setelah masing-masing juri memenuhi kuota punya 8 peserta, pertunjukan berlanjut ke Battle Round. Jika Blind Audition menawarkan kekocakan ekspresi juri, tahap Battle Round yang awalnya saya kira membosankan justru makin seru. Masing-masing juri memasangkan anggota timnya untuk menyanyikan satu lagu di panggung yang berbentuk arena ring tinju. Untuk beberapa pasangan, benar-benar jadi pertarungan seru yang harmonis (saya paling suka Vicci Martines vs Niki Dawson yang menyanyikan Perfect-nya Pink dan Rebecca Loebe vs Devon Barley yang menyanyikan Creep-nya Radiohead). Untuk yang lainnya, ketebak deh siapa yang menang. Pada tahap ini para juri yang menentukan siapa yang lanjut ke tahap selanjutnya.

Setelah tahap Blind Audition dan Battle Round yang merupakan siaran rekaman, baru para peserta tersisa (4 dari masing-masing tim) lanjut ke tahap Liveshow Performance. Pada tahap ini yang menentukan adalah voting tertinggi dari pemirsa dan satu suara dari juri. Maka tersisalah 2 peserta dari masing-masing tim untuk lanjut ke semifinal.

Di babak semifinal yang menentukan adalah gabungan voting pemirsa-nilai dari juri dengan sistem akumulasi poin keduanya. Akhirnya yang maju ke babak final adalah Dia Frampton dari tim Blake, Beverly McClellan dari tim Christina, Vicci Martinez dari tim Cee Lo, dan Javier Colon dari tim Adam.

Ketebak. Ah whoever will win this show,  they already got the spotlight. And they’re all so damn great singers, eh musician.

.

Fyuh.. dijelasin panjang lebar juga akhirnya. Kalo masih belum jelas silahkan baca link di atas saja. Apa? Spoiler? Saya pentung kamuh!😆

Ada rumor (yang sedikit banyak saya percayai) dan gonjang-ganjing bahwa sebagian peserta sudah pernah punya kontrak dengan satu label rekaman. Tapi biarpun katanya acara ini cuma untuk mendongkrak popularitas untuk kemudian melancarkan penjualanan album beberapa peserta, acara ini sangat menghibur dan tidak picisan. Mau diatur kayak reality show kita ituh pun saya senang-senang saja disuguhi penampilan para penyanyi yang memang bagus.

Kenyataannya memang sebagian besar dari para peserta sudah berpengalaman. Ada yang pernah rekaman berkali-kali namun albumnya tidak kunjung keluar. Ada yang sudah tur untuk waktu yang sangat lama. Cuma sebagian kecil saja yang came out from nowhere. Ya gpp juga sih diatur. Yang punya acara pasti pengen untung dengan menjaga kualitas peserta yang tampil. Toh para pesertanya memang bagus dan yang mereka jual itu asli suara mereka. Tidak seperti reality show kita ituh.. ngaku tidak direkayasa tapi kok pesertanya berkelakuan.. ah sudahlah..

.

Favorit saya di tahap Blind Audition adalah Rebecca Loebe yang menyanyikan Come As You Are-nya Nirvana dengan versinya sendiri. Seksi. Sayang ia tidak lebih lama ada di acara ini. Lalu Javier Colon yang Time After Time-nya menimbulkan sensasi maknyess! Tebakan saya sih dia yang bakal menang final nanti. Meski begitu, kurang begitu suka sewaktu dia menyanyikan Angel dari Sarah McLachlan. Sensasi nyessnyess-nya kurang *riwil*. Pas nyanyi Fix You (Coldplay) sih oke.

Selain dua itu, favorit utama saya adalah Xenia, si kecil kesayangan Blake Shelton:mrgreen: Sewaktu Blind Audition Xenia membuat saya jatuh cinta pada Breakeven-nya The Script (iya, telat). Eh pas Liveshow performance dia kembali membuat saya suka suatu lagu. Kali ini Price Tag-nya Jessie J. Malam itu si pemalu Xenia tampil cantik sekali dan keliatan sangat menikmati lagu yang dibawakannya. Pantas Papa Bear Blake Shelton keliatan bangga sekali  *mulai nggosip*😆

Dan Nakia, Vicci, Beverly juga Casey Weston tampil sangat bagus. Ah mereka semua bagus. Kalau diterusin ga habis-habis ini postingan. Yang baca juga bosan-bosan ga ngeh ini lagi ngomongin apa sih si takodok? Ya kan?:mrgreen:

OKI, kalau berminat silahkan liat saja penampilan mereka mulai dari Blind Audition sampai semifinal (finalnya baru tanggal 28 Juni nanti) di youtube. Sudah banyak yang upload. Saya sendiri liat di channel MrSingerOfTheWorld atau IdolXFactor. Selamat menikmati!🙂

ps. Nikmati juga lagu terbaru Maroon 5 ft. Christina Aguilere “Moves Like Jagger

8 comments on “[TV Show] The Voice

  1. itikkecil
    June 24, 2011

    kyaaaa…. ada abang Adam!
    *mimisan seember*

  2. Lockjaw Theory
    June 24, 2011

    itu vokalisnya maroon 5 ya?

  3. Kimi
    June 25, 2011

    Paling sebel kalau harus buka Youtube2an. Koneksiku kan sipuuuut… Tapi pengen nonton. Kyaaaaaa…

  4. Takodok!
    June 25, 2011

    @ ititkkecil
    hahaha.. ambil mbak, ambiiilllll
    Eh coba liat deh aksinya di Moves Like Jagger. Tambah mimisan😆

    @ Lockjaw Theory
    Adam? Iya, vokalis Maroon 5.

    @ Kimi
    mungkin suatu saat bakal ditayangin stasiun tv lokal? Tapi masih lamaaaa kayaknya.
    Donlot aja kim *sama sekali ga membantu*:mrgreen:

  5. Azay
    August 23, 2011

    Kalau punya TV Kabel (paytv) tayang kok di AXN setiap hari minggu jam 7 malam dan siaran ulang setiap hari senin dan selasa jam 9. Bagus baget dan emang suara para kontestan bagus bgt. Keren dech… ^_^

  6. noeey
    August 31, 2011

    hanya satu kata – kereeennn –

  7. ansella
    September 15, 2011

    Adammmm!!!!!!!

    ‘berlalu memeluk Donnie Yuen’ #eh

  8. alamalee
    September 25, 2011

    Aq sejak awal acara ne tayang di AXN selalu gak ketinggalan…. wowwwww seneng bangettt bisa nikmatin tayangan berkualitas kayak giniii…. energik, semangat dan pantang menyeraahhhh… and lagu2 yg dibawakan sangat originill sesuai karakter pesertaa… hikssssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 24, 2011 by in D Commento and tagged , , .
%d bloggers like this: