Di Catatan Takodok

Sekerat Cerita Penanda

Unik? Ya. Tak Tergantikan? Belum Cenchuuu~

Salah satu nasehat ibu yang paling saya ingat (kurang lebih berbunyi); “Jangan pernah berpikir bahwa kamu tak tergantikan. Tanpamu dunia akan tetap berputar.” Waktu itu saya tau maksud beliau adalah jangan sombong atas pencapaian yang terjadi karena sukses itu bukan milik pribadi seutuhnya dan tidak abadi (tanpa kerja keras). Keren ya emak gue?

Makin hari, saya makin mengamini prinsip ini. Selain membuat kita tetap berpijak di bumi (terimakasih gravitasi!), ia juga bisa jadi pemicu agar jangan memberi alasan pada orang lain (terutama para pembuat keputusan) untuk membuat kita tergantikan. Atau sebaliknya, bila sudah tak betah segeralah beri mereka 1001 alasan untuk menggantimu dengan yang lebih pas. Haha.

Saya tiba-tiba teringat hal ini ketika kemarin sore seorang sepupu berkata, “Berjasa sekali penemu minyak kayuputih ini. Tanpanya adek bisa menderita.” Yang sekonyong-konyong saya timpali dengan, “Ah nggak juga kok dek. Kalo si penemu itu tak pernah lahir atau keburu tertabrak bus sebelum sempat mengekstrak minyak kayuputih, akan ada orang lain yang melakukannya. Cuma mungkin akan butuh waktu lebih lama. Lah pas Wright bersaudara buat pesawat aja ada kok ilmuwan lain yang berbuat sama. Kalah cepet pamer aja dia.”

Sotoy ya gue?😆

Untung adik kecil saya tidak ada saat pembicaraan di atas terjadi. Kasian dia jika mesti terpapar kesinisan sedini ini. Haha.

ps. Hal di atas memang sangat bisa diperdebatkan, tapi saya sudah teguh berada pada sisi gelap seperti yang telah terjabarkan.

2 comments on “Unik? Ya. Tak Tergantikan? Belum Cenchuuu~

  1. Juminten
    August 20, 2012

    Betul betul betul…
    Dalam dunia kerja akan berasa sekali.
    Jika kita termasuk golongan “tak tergantikan”, maka kita akan punya nilai tawar yg tinggi. Hihihi…

  2. warm
    August 20, 2012

    ya ya semuanya sudah di posisinya masing-masing kok di atas dunia ini *elus2 jenggot*

Leave a Reply

Information

This entry was posted on August 20, 2012 by in D Commento, D Private and tagged .
